Jakarta (ANTARA News) - China merebut tiga gelar dalam turnamen Super Series terakhir tahun ini, Hong Kong Terbuka, masing-masing tunggal putra, ganda putri dan ganda campuran, sedangkan juara tunggal putri dimenangi tuan rumah dan mahkota ganda putra direbut Korea.

Unggulan ketiga Chen Jin memenangi pertarungan sesama pemain China saat ia menghentikan empat gelar berturut-turut yang diraih unggulan kedua Lin Dan dalam pertarungan alot lebih dari satu jam berkesudahan tiga game 21-9, 9-21, 21-17.

Kekasih Lin Dan sekaligus juara bertahan, Xie Xinfang juga gagal meraih gelar saat ditundukkan pemain China yang sekarang membela Hong Kong tiga game 21-16, 10-21, 21-10.

Ganda putra Korea, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae membukukan gelar kedua dari dua turnamen beruntun, saat unggulan ketiga dan juara China Terbuka itu menundukkan ganda Malaysia Mohd Zakry Abdul Latif/Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari dengan 25-23, 19-21, 22-20.

Ganda putri unggulan kelima asal China Zhang Yawen/Zhao Tingting juga meraih gelar kedua beruntun dengan mengalahkan rekan senegaranya yang pekan lalu menjuarai China Terbuka Cheng Shu/Zhao Yunlei dengan 21-14, 21-13.

Ganda campuran China yang menjadi unggulan ketujuh Xie Zhongbo/Zhang Yawen meraih gelar dalam turnamen berhadiah total 250.000 dolar AS itu setelah menyisihkan juara Olimpiade Beijing Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung 21-14, 21-16.

Tidak satu pun pebulutangkis Indonesia mencapai final turnamen Super Series ke-12 itu, setelah satu-satunya yang tersisa di semifinal, Taufik Hidayat, gagal maju ke final, sedang yang lainnya sudah kalah lebih dulu. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2008