Jakarta  (ANTARA News) - Indonesia mendapat lima tempat dalam Final Super Series yang diselenggarakan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), yakni dua tunggal putra, serta masing-masing satu ganda putra, ganda putri dan campuran.

Menurut siaran pers dari BWF yang diterima Selasa, pebulutangkis Indonesia yang akan berkompetisi dalam turnamen tutup tahun itu adalah Sony Dwi Kuncoro, Taufik Hidayat, Markis Kido/Hendra Setiawan, Vita Marissa/Liliyana Natsir dan Nova Widianto/Liliyana Natsir.

Dalam Final Super Series yang akan digelar di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, pada 18-21 Desember, China memperoleh wakil terbanyak, dengan memastikan sembilan tempat.

Hanya pada ganda putra China diwakili satu pasangan, sedang pada keempat nomor lainnya mereka menempatkan masing-masing dua wakil.

Dalam turnamen yang akan menggunakan sistem round robin dengan dua grup yang masing-masing terdiri empat pemain/pasangan itu, setiap negara peserta hanya boleh diwakili maksimal dua pemain/pasangan pada setiap nomor yang dipertandingkan. Dua pemain terbaik pada setiap grup maju ke semifinal.

Kendati tidak mengikuti beberapa turnamen Super Series, juara Olimpiade dan juara dunia saat ini, Lin Dan lolos ke turnamen Final tersebut, padahal, ia hanya mengikuti lima dari 12 Super Series tahun ini.

Pada tunggal putra, Chen Jin, peringkat dua ranking Super Series, dan Lin Dan akan memikul harapan China untuk menghadapi antara lain Peter Gade dari Denmark dan peringkat satu dunia Lee Chong Wei dari Malaysia.

Termasuk Taufik Hidayat dari Indonesia, pemain yang dinilai mampu mengalahkan pemain top manapun ketika ia memainkan iramanya. Juara Macau Terbuka dan finalis Prancis Super Series yang pekan lalu kalah di semifinal Hong Kong Super Series oleh Lin Dan itu bisa menjadi lawan berbahaya bagi dominasi pemain nomor dua dunia itu di tunggal putra.

Sementara ganda campuran peringkat satu dunia Nova Widianto/Lilyana Natsir diperkirakan akan menghadapi tantangan berat dari juara Olimpiade asal Korea Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung dan pasangan He Hanbin/Yu Yang serta Xie Zhongbo-Zhang Yawen dari China untuk memperebutkan gelar juara.

Denmark menjadi negara yang mempunyai wakil terbanyak kedua dengan tujuh tempat di Final.

Selain Peter dan Joachim Persson pada tunggal putra, Denmark juga diwakili oleh Tine Rasmussen (tunggal putri), Lars Paaske/Jonas Rasmussen dan Mathias Boe/Carsten Mogensen (ganda putra), Kamilla Rytter Juhl/Lena Frier Kristensen (ganda putri) dan Thomas Laybourn/Kamilla (ganda campuran).

Federasi nasional diberi waktu hingga Jumat (5/12) untuk memastikan kehadiran para pemain. Realokasi pemain, jika diperlukan akan dilaksanakan pada Sabtu (6/12) dan para pemain yang dipastikan hadir akan dipublikasikan pada Senin (8/12).

Para pemain yang sudah lolos adalah sebegai berikut:

Tunggal putra: Lee Chong Wei (Malaysia), Chen Jin (China), Sony Dwi Kuncoro (Indonesia), Joachim Persson (Denmark), Peter Gade (Denmark), Lin Dan (China), Taufik Hidayat (Indonesia), Chan Yan Kit (Hong Kong).

Ganda putra: Markis Kido/Hendra Setiawan (Indonesia) Zakry Abdul Latif/Mohd Fairuzizuan Tazari (Malaysia), Lars Paaske/Jonas Rasmussen (Denmark), Jung Jae Sung/Lee Yong Dae (Korea), Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark), Candra Wijaya/Tony Gunawan (Indonesia/AS), Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (Malaysia), Fu Haifeng/Cai Yun (China).

Tunggal putri: Zhou Mi (Hong Kong), Tine Rasmussen (Denmark), Wang Chen (Hong Kong), Zhu Lin (China), Lu Lan (China), Pi Hongyan (Prancis), Xu Huaiwen (Jerman), Hwang Hye Youn (Korea).

Ganda putri: Wong Pei Tty/Chin Eei Hui (Malaysia), Du Jing/Yu Yang (China), Lilyana Natsir/Vita Marissa (Indonesia), Zhao Yunlei/Cheng Shu (China), Lena Frier Kristiansen/Kamilla Rytter Juhl (Denmark), Ha Jung Eun/Kim Kin Jung (Korea), Maeda Miyuki/Suetsuna Satoko (Jepang), Lee Kyung Won/Lee Hyo Jung (Korea).

Ganda campuran: Nova Widianto/Lilyana Natsir (Indonesia), He Hanbin/Yu Yang (China), Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl (Denmark), Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung (Korea), Anthony Clark/Donna Kellogg (Inggris), Xie Zhongbo/Zhang Yawen (China), Robert Blair/Imogen Bankier (Inggris/Skotlandia), Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam (Thailand). (*)

Copyright © ANTARA 2008