Jakarta (ANTARA News) - Setelah sempat mengunjungi kota kembang Bandung pada tahun lalu, penyelenggara pertunjukan musik pop Islami bertitel "Menembus Batas" kembali menggelar acara itu di Jakarta.

"Tahun ini kembali digelar di Jakarta, walaupun sesungguhnya kami berharap Konser Menembus Batas dapat digelar di berbagai kota seperti di Aceh, Medan, Makassar, atau Papua," kata Dwiki Darmawan selalu konduktor dan penata musik, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Sejak diselenggarakan pertama kali di Balai Sidang Jakarta tahun 2006. pertunjukan musik yang menampilkan lagu-lagu rohani Islam tersebut merupakan bagian dari kegiatan Pelatihan Kualitas Mental dan Spiritual (ESQ).

Dari sisi musik, konser ini merupakan bentuk kolaborasi antara musisi dan penyair yang mencoba membangkitkan semangat penulisan lagu menggunakan bahasa sastra.

"Awalnya kami ingin mengangkat kualitas musik pop Indonesia. yang dinilai menurun kualitasnya di segi lirik," kata Dwiki.

Ketua Dewan Kesenian Jakarta yang juga musisi pendiri kelompok musik Krakatau tersebut mengakui dirinya sangat terinspirasi pada kegiatan musikalisasi puisi yang dilakukan para seniman dan musisi Indonesia di era 1970-an.

Menurut Dwiki, Konser Menembus Batas 3 secara khusus juga merupakan acara untuk menghormati (tribute to) penyair Taufik Ismail, karena banyak puisinya yang dilagukan dan dinyanyikan oleh artis terkenal Tanah Air, antara lain Bimbo (Anak Betanya Pada Bapaknya), Ahmad Albar (Panggung Sandiwara), GIGI (Pintu Surga), dan sebagainya.

Taufik Ismail, yang hadir dalam jumpa pers, mengatakan dirinya merasa gembira sekali mendapat penghormatan seperti ini.

Pada 1974, katanya, ia bersama sejumlah penyair melakukan kolaborasi dengan musisi seperti Bimbo dan Panbers sampai berhasil mementaskan pertunjukan musik dengan lagu-lagu yang dibuat berdasarkan puisi karya seniman termasuk dirinya, Ajib Rosidi dan Wing kardjo.

"Kolaborasi seniman musik dan penyair itu mendapat sambutan sangat antusias," katanya.

Konser Menembus Batas 3 (Ketiga) tahun ini akan digelar di Granada Ballroom Menara 165 di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, pada Kamis, 4 Desember 2008, mulai pukul 20.00 WIB.

Artis yang akan tampil diantaranya Bimbo, Ahmad Albar, Krisdayanti, Dhea Imut, Aning Katamsi, dan Maliq & The Essentials. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2008