Moskow, (ANTARA News)- Sebuah kapal perang Rusia akan mengunjungi bekas pangkalan angkatan laut AS di Panama, kata seorang juru bicara angkatan laut, Rabu, Banyak pihak menilai kedatangan itu adalah  unjuk kekuatan di Karibia untuk menantang AS.

"Kapal perang anti kapal selam  Admiral Chabanenko akan singgah di Pangkalan Angkatan Laut Rodman  (pelabuhan Balboa)  di Republik Panama pada 5-10 Desember," kata juru bicara angkatan laut Rusia Igor  Dygalo  dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip AFP.

Pangkalan  Angkatan Laut Rodman, yang terletak di pintu masuk Pasifik ke Terusan Panama, menampung personil militer AS sampai tahun 1999 dan selanjutnya diserahkan kepada Panama  sebagai bagian dari penyerahan Zona Terusan Panama.

Admiral Chabanenko adalah bagian dari armada kapal perang Rusia  yang berpangkalan di pelabuhan Murmansk, yang  ikut latihan gabungan dengan Angkatan Laut Venezuela. Latihan bersama itu berakhir hari Selasa.

Kedatangan kapal-kapal Rusia itu atas undangan Presiden Venezuela Hugo Chavez yang anti-AS.  Moskow membantah pelatihan itu ditujukan kepada "negara-negara ketiga."

Moskow mengumumkan pelatihan itu  setelah Presiden AS George W.Bush  mengirim kapal-kapal angkatan laut ke Georgia dalam konflik Rusia-Georgia  Agustus, yang membuat Kremlin marah . Washington mengatakan kapal-kapal perang mereka dikirim untuk mengangkut bantuan kemanusiaan. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008