Jakarta (ANTARA) - Petenis remaja Amerika Coco Gauff bertahan dalam pertarungan tiga set melawan Sorana Cirstea pada Australia Open, Rabu, untuk membukukan tempat pada putaran ketiga melawan juara bertahan Naomi Osaka untuk kedua kalinya berturut-turut dalam Grand Slam.

Petenis berusia 15 tahun itu dengan cepat menjadi favorit penonton dalam penampilan debutnya di turnamen tersebut dan memanfaatkan dukungan itu untuk mengembalikan dirinya ke pertarungan setelah kehilangan satu set, untuk meraih kemenangan 4-6, 6-3, 7-5 atas petenis Romania tersebut.

"Anda sungguh membuat saya yakin," kata Gauff kepada fans di Melbourne Arena seperti dikutip Reuters.

Gauff, pemain termuda dalam pengundian pertandingan, selanjutnya akan melawan petenis Jepang Osaka, yang mengalahkannya 6-3, 6-0 pada putaran ketiga US Open tahun lalu.

Pertandingan tersebut berakhir dengan Osaka memancing pujian karena mengizinkan Gauff yang emosional mengucapkan terima kasih kepada fans tuan rumah dalam wawancara pascapertandingan.

"Yeah, itu benar-benar momen yang bagus menurut saya bagi kami berdua, terutama saya," kata Gauff kepada wartawan.

"Tapi saya kira lebih hanya bagi orang yang menonton, anak-anak perempuan dan dan anak-anak laki-laki yang bisa melihat apa sebenarnya sportif itu.

"Ketika semuanya sudah diucapkan dan dilakukan, kami masih saling memandang dengan hormat dan sama."

Gauff berharap "gugupnya berkurang" melawan Osaka kali ini karena ia ingin mencapai putaran keempat pada turnamen besar untuk keduakalinya setelah debut Grand Slam-nya di Wimbledon tahun lalu.

"Kami berdua familiar dengan permainan masing-masing. Ia bermain sangat agresif. Kali ini, saya akan lebih agresif," katanya.

Gauff, yang mengalahkan tujuh kali juara Grand Slam Venus Williams pada putaran pertama, bermain mengejar ketinggalan melawan Cirstea yang lebih tenang dan berpengalaman saat ia kesulitan dengan kesalahan dari forehand.

Tapi setelah merebut set pertama Cirstea gagal mempertahankan standarnya pada set kedua, memungkinkan Gauff melakukan break di awal dan memaksa pertandingan menuju set penentuan.

Set terakhir berlangsung seimbang saat Gauff berjuang dari kehilangan satu break untuk kembali melakukan servis pada kedudukan 2-3.

Dengan dukungan sorakan penonton "Let's go, Coco!", Gauff kemudian mematahkan servis Cirstea sebelum melakukan servis untuk menutup pertandingan dalam waktu dua jam dan tujuh menit.

Baca juga: Bungkam Hercog, Barty mulus ke putaran tiga Australia Open

Baca juga: Atasi perlawanan Zidansek, Serena ke putaran ketiga Australia Open

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020