Jakarta (ANTARA News) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk pertama kalinya menggelar Bursa Kerja 2008 secara "Online" mulai 9-10 Desember yang peresmiannya dilakukan Menakertrans Erman Suparno yang juga alumni universitas itu di Jakarta, Selasa.

Peresmian itu ditandai penandatanganan prasasti dan penamaan ruangan Bursa Kerja UNJ "Erman Suparno Service Center" (ESSC). Menurut Rektor UNJ Prof Dr Bedjo Sujanto, penamaan ruangan ESSC sebagai bentuk penghargaan atas alumni UNJ yang sekarang menjabat Menakertrans.

Erman Suparno dalam sambutan selaku alumni program S-3 UNJ mendukung langkah sivitas akademika UNJ yang mendirikan Bursa Kerja berserta ruangan sehingga dapat membantu para lulusannya dalam mencari dan mendaftar lowongan pekerjaan.

Menakertrans Erman Suparno atas nama pemerintah menyambut baik pembukaan Bursa Kerja karena membantu program Depnakertrans "tiga dalam satu atap" yakni lembaga pendidikan harus bertugas mendidik, memberikan sertifikat dan melaksanakan penempatan kerja.

Dengan demikian, lembaga pendidikan seperti UNJ dan perguruan tinggi lainnya akan dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran terdidik, ikut menanggulangi kemiskinan dan mengantisispasi dampak krisis global yang melanda dunia saat ini.

Menurut Erman, Indonesia tidak sampai terpuruk akibat dampak krisis ekonomi global saat ini, karena 45 persen dari kegiatasan bertumpu pada produk domestik. "Kekuatan produk domestik untuk kebutuhan dalam negeri akan mampu membendung dampak krisis global," katanya.

Karena itu, Erman berharap setiap perguruan tinggi tidak hanya berorientasi menghasilkan lulusan, tapi berorientasi pada pekerjaan (job) yang mampu mengelola sumberdaya alam (SDA) Indonesia, seperti bidang pertanian, kehutanan, kelautan dan energi.

Dengan demikian, katanya, perguruan tinggi mampu menghasilkan lulusan yang ahli mengelola SDA sehingga mampu mendukung Indonesia memiliki pondasi ketahanan ekonomi yang mampu menghadapi dampak krisis ekonomi global.

Sementara itu, Rektor UNJ Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd mengatakan, pembukaan Bursa Kerja UNJ sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, agar para lulusan memiliki kemudahan mencari lowongan pekerjaan, melakukan kerja sama dengan dunia usaha dan menggalang peran alumni.

UNJ kini memiliki 19.811 mahasiswa dan lebih dari 66.000 alumni serta UNJ telah menjalin kerja sama dengan 60 perusahaan, sehingga akan menjadi potensi UNJ menyuseskan Bursa Kerja.(*)


  


 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2008