Jakarta (ANTARA) - Tahun 2020 yang menurut penanggalan China masuk tahun Tikus Logam diprediksi menjadi tahun penuh ujian, sebab akan terjadi banyak hal besar di Indonesia dan salah satunya adalah bencana alam.

Banjir adalah satu di antara beberapa bencana alam yang terjadi di tahun Tikus Logam. Hal ini sudah dimulai saat pembukaan tahun 2020, meski demikian Master Fengshui Indonesia, Yohan Suyangga mengatakan jika banjir besar hanya akan terjadi sekali.

Baca juga: Waspada, penyakit ini akan sering muncul di Tahun Tikus Logam

"Indonesia akan banyak kejadian wow, nanti ada kebakaran di semester dua, semua kebakaran kayak Australia gitu. Kalau banjir enggak, cuma sesekali banjir biasa, yang heboh kemarin doang (banjir pada 1 Januari)," ujar Master Yohan kepada ANTARA beberapa waktu lalu.

Di Indonesia juga akan terjadi kekeringan besar, khususnya di pulau Jawa. Sebab, suhu udara akan terasa sangat panas pada semester dua 2020.

"Banyak masalah seperti kekeringan melanda di sepanjang pulau Jawa dan akan kering dan lebih panas sepanjang tahun. Nanti siap-siap di enam bulan terakhir, itu bulan Juli sampai Desember itu akan panas sekali," kata Master Yohan.

"Harga bahan makanan akan sangat tinggi karena kekeringan tadi, akhirnya masyarakat akan mulai efisiensi dalam pergi ke mall, orang akan lebih milih ke situs-situs belanja yang murah," lanjutnya.

Baca juga: Harapan Yeslin Wang di tahun Tikus Logam

Tak hanya itu, aktivitas alam seperti angin kencang juga akan terjadi. Master Yohan menegaskan bahwa hal ini tidak cuma berlaku di Indonesia tapi seluruh dunia.

"April-Mei-Juni, setelah hujan, banjir, akan muncul angin. Jadi akan mulai banyak pesawat-pesawat jatuh, sebenarnya udah dimulai tapi akan lebih banyak lagi terutama di bulan Maret pertengahan sampai April akan banyak tabrakan kapal, pesawat terbang jatuh, kereta akan tabrakan, itu banyak di seluruh dunia," jelasnya.

Meski demikian, bukan berarti tidak ada hal baik yang terjadi di Indonesia pada tahun Tikus Logam. Di tahun ini akan banyak bermunculan pengusaha baru dengan produk-produk yang unik.

Bagi yang bergerak di bidang bisnis, investasi juga akan sangat baik dilakukan pada trisemester pertama tahun 2020. Namun jika dilakukan setelah bulan Juni, peruntungannya akan kurang baik.

"Yang paling penting adalah nanti banyak sekali muncul pengusaha muda yang unik. Kosmetik juga akan terjadi perubahan yang sangat kencang, ini akan banyak inovasi terbaru dan pertama kali di dunia," ujar Master Yohan.

Master Yohan menambahkan, "Kalau orang investasi yang paling bagus ya tiga bulan pertama ini, tapi enggak boleh tergesa-gesa juga harus ada pasangan dan partner yang baik, paling lambat sampai Juni, setelah itu mau investasi apapun akan hancur."


Baca juga: Dua shio yang kurang beruntung di tahun Tikus Logam

Baca juga: Industri hiburan akan bersinar di tahun Tikus Logam

Baca juga: Mengenal karakteristik Tikus Logam di tahun 2020

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020