Tinggi muka air di Katulampa Sabtu sore siaga IV

Tinggi muka air di Katulampa Sabtu sore siaga IV

Tinggi muka air (TMA) di Bendung Katulampa Kota Bogor mencapai 40 cm atau siaga IV pada Sabtu (25/1/2020) petang. (Antaranews/HO/Andi Sudirman)

Posisi tinggi muka air di Bendung Katulampa normal sejak pagi
Jakarta (ANTARA) - Tinggi muka air di Bendung Katulampa, Kota Bogor pada Sabtu sore siaga IV atau 40 sentimeter (cm) atau naik dari kondisi normal pada pagi hari sebesar 10 cm.

"Posisi tinggi muka air di Bendung Katulampa normal sejak pagi dan karena siang hari turun hujan, jadi naik di sore hari," kata Kepala Jaga Bendung Katulampa Kota Bogor, Andi Sudirman saat dihubungi di Bogor, Sabtu sore.

Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada laman bmkg.go.id menyebutkan, pada Sabtu hari ini berpotensi turun hujan di Cipanas, Cisarua, dan Gadog Ciawi pada siang hingga sore, sedangkan di Kota Bogor, Cibinong, dan Depok, cerah berawan.

Baca juga: Tinggi muka air Katulampa normal

Menurut Andi Sudirman, pada Kamis (23/1) malam, turun hujan di kawasan Puncak Bogor dan tinggi muka air di Bendung Katulampa sempat naik mencapai 50 cm atau siaga IV pada sekitar pukul 21:00 hingga 23:00 WIB.

Namun, tinggi muka air itu berangsur-angsur turun dan pada esok paginya, yakni pada posisi 10 cm atau normal.

Posisi tinggi muka air di Bendung Katulampa mencapai titik tertinggi pada 2020 yakni ketika Tahun Baru 1 Januari 2020, pagi hari, yakni mencapai 170 cm atau siaga II.

Baca juga: BMKG prakirakan kawasan Puncak Bogor turun hujan sedang

Hal itu mengakibatkan, banjir di sejumlah wilayah DKI Jakarta, Bekasi dan Tangerang.




 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ada kiriman air Katulampa, pintu air Manggarai diprediksi siaga 3

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar