Manchester, (ANTARA News) - Tiada kasih lebih besar dari kesungguhan dan kepercayaan. Kali ini sosoknya Wayne Rooney.

Ia menyelamatkan Manchester United dari kekalahan memalukan di hadapan pendukung sendiri saat bermain imbang 2-2 dengan Aalborg pada pertandingan terakhir babak penyisihan Liga Champions di Old Trafford, Kamis WIB.

Dewi Fortuna mengasihi Rooney. Penyerang tim nasional Inggris itu mencetak gol penting untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-52.

Hasil imbang tersebut memperpanjang rekor tidak terkalahkan MU dalam 19 pertandingan Liga Champions untuk menyamai rekor Ajax dan Bayern Munich, demikian diwartakan Reuters.

Karena telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar yang undiannya akan dilakukan pada 19 Desember mendatang, pelatih MU Alex Ferguson melakukan perubahan susunan pemain dibanding saat mengalahkan Sunderland 1-0 di Old Trafford Sabtu lalu.

Cristiano Ronaldo yang absen pada pertandingan Liga Utama Inggris itu, kali ditampilkan di lapangan sebelum pertandingan untuk menerima penghargaan sebagai Pemain Terbaik Eropa.

Meski tanpa kehadiran Ronaldo, MU pada awalnya tidak mendapat kesulitan menghadapi tim papan tengah Liga Swedia dan mencetak gol pertama melalui Carlos Tevez ketika pertandingan baru berlangsung tiga menit.

Gol berawal dari kerjasama antara Ryan Giggs dan Rooney. Giggs kemudian memberikan umpan kepada Tevez yang berada di dalam kotak penalti. Tanpa kesulitan pemain asal Argentina tersebut memperdaya kiper Karim Zaza.

Rooney dan Tevez memmbuktikan diri sebagai pasangan yang berharga bagi MU di barisan depan ketika Tevez hampir saja mencetak gol kedua setelah mendapat umpan dari Rooney.

Tuan rumah yang mendominasi pertandingan, pada menit ke-23 kembali mendapat peluang emas, tapi sundulannya menyambut umpan silang Rooney masih melebar.

Meski berada dalam tekanan, namun Aalborg berhasil bertahan dan malah berbalik mencetak gol pada menit ke-31 untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Kiper MU Tomasz Kuszczak tidak berdaya menghadang sundulan Michael Jakobsen yang memanfaatkan tendangan bebas Anders Due dari sisi kanan lapangan.

Empat menit menjelang babak pertama usai, Rooney beruntung selamat dari kartu merah ketika wasit asal Perancis Laurent Duhamel tidak melihat pelanggaran yang dilakukannya terhadap pemain lawan.
    Para pemain Aalborg melancarkan protes karena wasit tidak memberikan hukuman atas pelanggaran tersebut.

Namun sakit hati mereka terbayar ketika Jeppe Curth secara tidak diduga mencetak gol dua menit menjelang pertandingan usai untuk membuat tim tamu berbalik unggul.

Wayne Rooney akhirnya menyelamatkan muka MU dengan mencetak gol pada menit ke-52 untuk menyamakan kedudukan 2-2. Skor tersebut bertahan sampai pertandingan usai.

    Susunan pemain:
    Manchester United: 29-Tomasz Kuszczak; 2-Gary Neville
21-Rafael 77), 5-Rio Ferdinand, 23-Jonny Evans, 22-John O'Shea;
17-Nani, 28-Darron Gibson (13-Park Ji-sung 46), 8-Anderson,
11-Ryan Giggs (18-Paul Scholes 46); 32-Carlos Tevez, 10-Wayne
Rooney.
    AaB Aalborg: 1-Karim Zaza; 16-Kasper Bogelund, 6-Steve
Olfers, 2-Michael Jakobsen, 3-Martin Pedersen (24-Jens-Kristian
Sorensen 76); 14-Jeppe Curth (18-Caca 75), 23-Thomas Enevoldsen,
9-Thomas Augustinussen, 21-Kasper Risgard, 7-Anders Due
(27-Patrick Kristensen 66); 10-Marek Saganowski.
    Wasit: Lauret Duhamel (Prancis). (*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2008