Anti Hoax

Pertamina membuka lowongan pekerjaan awal 2020, ini penjelasannya

Pertamina membuka lowongan pekerjaan awal 2020, ini penjelasannya

Petugas melakukan kegiatan eksplorasi minyak di salah satu anjungan minyak Pertamina. ANTARA/Dokumentasi Pertamina/pri.

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah informasi lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan PT. Pertamina (Persero) beredar di media jejaring sosial.

Sebuah akun Instagram yang seringkali memberikan informasi tentang lowongan-lowongan pekerjaan di dalam negeri mengunggah pula informasi lowongan di Pertamina bagi lulusan SMA, D3, D4, dan S1.

Calon-calon pelamar pekerjaan diminta mengirimkan riwayat hidup dan pendidikan mereka ke situs rekrutmen.pertamina.info meskipun tidak disertai batas akhir waktu pendaftaran lowongan pekerjaan itu.

Selain informasi lowongan pekerjaan, terdapat pula surat pemanggilan bagi para pelamar yang telah memenuhi persyaratan administrasi. Surat itu bertanggal 26 Januari 2020.

Para pelamar diminta hadir di kawasan Sudirman, Jakarta, pada Selasa (28/1), untuk mengikuti sejumlah tes antara lain tes tertulis dan tes kesehatan.

Sebelum mengikuti tes, para pelamar diminta untuk mengirimkan pesan singkat seluler dengan format #PERTAMINA#NAMA#HADIR#TIDAK ke nomor ponsel yang ditentukan di dalam surat.

Apakah Pertamina memang membuka lowongan pekerjaan pada awal 2020, termasuk mengeluarkan surat resmi tentang tes bagi para pelamar?
 
Tangkapan layar dari aku resmi Pertamina di Twitter mengenai penipuan lowongan pekerjaan. (Twitter/@pertamina)


Penjelasan:

PT. Pertamina (Persero) melalui akun resmi di Twitter, @pertamina, mengonfirmasi pengumuman lowongan pekerjaan sebagaimana tercantum dalam akun Instagram di atas adalah bentuk penipuan.

Dalam unggahan pada Minggu (26/1), Pertamina mengatakan akan mengumumkan informasi resmi tentang lowongan pekerjaan melalui situs recruitment.pertamina.com.

Badan Usaha Milik Negara bidang energi itu juga akan menggunakan surat elektronik (surel) yaitu recruitment@pertemina.com untuk informasi terkait perekrutan calon karyawan..

"Terus waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan Pertamina ya!" demikian keterangan tertulis akun @pertamina terkait informasi palsu lowongan pekerjaan.

Ketika ANTARA mencoba membuka situs recruitment.pertamina.com, perusahaan itu memang belum memberikan informasi lowongan pekerjaan pada Januari 2020.

Klaim: Pertamina memang membuka lowongan pekerjaan pada awal 2020
Rating: Salah/Disinformasi

Baca juga: Pertamina EP raih kesepakatan dengan Bojonegoro untuk pengeboran

Baca juga: Pertamina tambah penyaluran 421.000 tabung elpiji 3 kg di libur Imlek

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pembangunan sistem digital 700 SPBU di Sumut ditargetkan selesai April

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar