Pangkalpinang (ANTARA) - Presiden Kejuaraan Perahu Motor Formula Satu (H2O Racing), Nicolo Di San Germano meninjau lokasi kompetisi balap motor perahu kelas tertinggi dunia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) demi kelancaran kejuaraan yang sedianya akan digelar Juli 2020 itu.

"Presiden dan Tim H2O Racing sudah meninjau beberapa lokasi Kejuaraan Perahu Motor Formula Satu dan mereka tertarik tempat balap perahu kelas dunia tersebut digelar di Sungai Batu Rusa Pangkalpinang," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan Presiden dan Tim H2O Racing beberapa waktu telah melakukan survei lokasi penyelenggaraan balap perahu bertaraf dunia ini di Pantai Terentang Kabupaten Bangka Tengah, Jembatan Emas, Jembatan Batu Rusa 2, Pelabuhan Pangkal Balam serta Dok Kapal PT DAK.

Baca juga: Siak Serindit Boat Race masuk kalender PB PODSI 2020

"Berdasarkan hasil survei lokasi, Tim H2O Racing tertarik untuk menggelar event tersebut di kawasan Sungai Batu Rusa dengan berbagai pertimbangan dan aspek teknis lainnya," katanya menambahkan.

Ia mengapresiasi dan mendukung penuh kejuaraan balap perahu yang akan diikuti 300 peserta dari penjuru dunia, karena dapat mempromosikan pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara ke Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Kami sangat mendukung dan ingin event dunia ini dapat digelar tiap tahun di Babel," kata Erzaldi menegaskan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Babel, Rivai mengatakan ditunjuknya Babel sebagai tuan rumah Balap Perahu Motor Internasional tentunya akan mendatangkan wisatawan, baik itu wisatawan domestik dan juga wisatawan mancanegara yang akan membawa dampak positif bagi sektor pariwisata.

"Event ini rencananya akan digelar pada Juli atau Agustus 2020 nanti, yang diikuti sekitar 300-an tim dari seluruh dunia yang akan unjuk kebolehan pada class F1 dan class F4 H2O racing," ujarnya.

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020