Ada SPKLU di kawasan Tol Bali Mandara, fasilitasi kendaraan listrik

Ada SPKLU di kawasan Tol Bali Mandara, fasilitasi kendaraan listrik

General Manager PT PLN Distribusi Bali, Nyoman Suwarjoni Astawa (kedua kanan) bersama Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol Enkky Sasono Anas Wijaya (kanan) mengisi daya mobil listrik saat peluncuran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan Jalan Tol Bali Mandara, Denpasar, Bali, Selasa (28/1/2020). ANTARA/Fikri Yusuf

Kami belum berhitung secara bisnis. Kami berupaya membiasakan suatu yang baru...
Denpasar (ANTARA) - PT Jasamarga Bali Tol, PLN, dan PT Opinteh Djojo Indo bekerja sama menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan Jalan Tol Bali Mandara untuk memfasilitasi para pengguna kendaraan listrik.

"Dengan adanya SPKLU yang pertama di jalan tol Indonesia ini, berarti kami menambah fasilitas layanan bagi pengguna jalan tol, khususnya yang menggunakan kendaraan bertenaga listrik," ujar Direktur Utama PT Jasa Narga Bali Tol (JBT) Enkky Sasono Anas Wijaya, di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan fasilitas SPKLU itu merupakan wujud dukungan pihaknya terkait sejumlah regulasi tentang kendaraan listrik dan energi bersih seperti, Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

"Kami belum berhitung secara bisnis. Kami berupaya membiasakan suatu yang baru, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun ini adalah sebuah langkah awal dalam mendukung apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah," katanya.

Baca juga: Kemenhub akan pesan 100 mobil listrik sebagai kendaraan dinas

Pihaknya memiliki konsep Green Toll Road yang nantinya akan diterapkan di sejumlah jalan tol di Indonesia. Menurutnya, hijau di situ tidak hanya berarti dengan tanaman, tetapi juga menggunakan energi terbarukan.

"Selain jalan tol berkeselamatan, berkeamanan, dan lancar. Kami juga harus green untuk keberlangsungan generasi yang akan datang," ujar Enkky Sasono.

Sementara itu General Manager PT PLN Distribusi Bali Nyoman Suwarjoni Astawa mengatakan berdirinya SPKLU itu diharapkan dapat membentuk ekosistem dan mempercepat penetrasi kendaraan listrik khususnya di wilayah Bali.

"Kami membangun bukan untuk mencari keuntungan dari pemasangan SPKLU. Namun kami ingin memberi keyakinan bagi masyarakat bahwa infrastruktur untuk mendukung kendaraan listrik di Bali sudah siap," kata Nyoman Suwarjoni Astawa.

Baca juga: AP II buat ekosistem kendaraan listrik di Bandara Soekarno-Hatta

Baca juga: BPPT resmikan stasiun "fast charging" ke-3 untuk kendaraan listrik

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PLN perbanyak SPKLU, bagi penggunaan kendaraan listrik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar