Kudus (ANTARA News) - Upaya Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah melakukan perbaikan museum kretek untuk menarik minat masyarakat berkunjung dipastikan akan menghabiskan biaya hingga Rp964,7 juta.

"Berdasarkan nilai kontrak perbaikan museum, jumlahnya mencapai Rp964,7 juta yang bersumber dari dana bagi hasil cukai," kata Kepala UPTD Museum Kretek, Nawanto, Senin.

Adapun perbaikan yang akan dilakukan meliputi arena bermain, "mini theatre", dan atap gedung Museum.

Luas arena bermain diperkirakan mencapai 500 meter persegi, sedangkan total lahan yang akan dibangun mencapi 1.000 meter persegi.

Perbaikan juga dilakukan di sekitar rumah adat Kudus, disediakan area yang dapat digunakan untuk panggung kesenian yang dilengkapi sembilan kios.

Ia mengatakan, nilai kontrak perbaikan tersebut sekitar Rp875, 27 juta dan harus selesai pada 20 Desember 2009 mendatang.

Sementara "mini theatre" yang berkapasitas 25-30 pengunjung, nilai kontraknya mencapai Rp89,4 juta.

Hal itu dibenarkan, Pelaksana Pembangunan Museum dari CV Yustinindo, Heri Utomo, nilai kontraknya mencapaiRp89,4 juta, namun pihaknya belum menerima dana tersebut.

"Saat ini kami harus mengeluarkan biaya sendiri untuk mengerjakan `mini theatre` yang didesain kedap suara ini," ujarnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2008