Jakarta (ANTARA) - Rookie terbaik musim MotoGP 2019 Fabio Quartararo akan menjadi rekan Maverick Vinales di tim pabrikan Yamaha untuk musim 2021-2022 menggantikan Valentino Rossi yang kontraknya selesai akhir tahun ini.

Yamaha Factory Racing mengumumkan di laman resminya, Rabu, jika tim asal Jepang dan pebalap asal Prancis itu telah sepakat menandatangani kontrak berdurasi tua tahun tersebut sementara belum ada keputusan final tentang masa depan Rossi, apakah akan pensiun atau pindah ke tim lain.

Tahun lalu, pebalap berusia 20 tahun itu mencetak tujuh finis podium, lima di antaranya sebagai runner-up dan dua kali di peringkat tiga, dalam debutnya di kelas premier bersama Petronas Yamaha Sepang Racing Team, yang juga menjalani tahun pertamanya sebagai tim satelit baru. Selain itu, Quartararo tampil cepat di kualifikasi dengan meraih enam pole position musim lalu.

Baca juga: Yamaha perpanjang kontrak Maverick Vinales

Baca juga: Karier Rossi bergantung pada hasil MotoGP 2020



Kendati belum sempat merasakan podium teratas, setelah beberapa kali terlibat duel sengit dengan juara dunia delapan kali Marc Marquez, Quartararo menyelesaikan musim pertamanya di peringkat lima klasemen dan meraih gelar pebalap tim independen terbaik sekaligus rookie terbaik tahun itu.

"Hasilnya di debut MotoGP tahun lalu itu sensasional. Enam pole position dan tujuh podium pada musim 2019 merupakan tanda dari keahlian membalapnya yang luar biasa dan brilian," kata Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis.

"Mengajak dia naik ke Yamaha Factory Racing Team setelah menyelesaikan kontraknya dengan Petronas Yamaha Sepang Racing Team adalah langkah selanjutnya yang logis."


Pada 2020 Quartararo akan menjalani tahun keduanya bersama Petronas Yamaha SRT namun kali ini dia akan mengendarai motor spesifikasi pabrikan YZR-M1 dan mendapatkan dukungan penuh dari pabrikan. Sebelumnya, Yamaha juga telah memperpanjang kontrak Vinales untuk musim 2021 dan 2022.

Baca juga: Musim sempurna bagi Marquez

Baca juga: 20 balapan MotoGP siap ramaikan tahun 2020, berikut jadwal lengkapnya


"Saya akan bekerja keras, seperti yang saya lakukan tahun lalu, dan saya sangat termotivasi untuk mencapai performa yang hebat," kata Quartararo.

"Saya rasa (libur) musim dingin ini terlalu panjang, saya sangat menantikan untuk tiba di tes Sepang pekan depan untuk mengendarai motor YZR-M1 baru saya dan bertemu serta kembali bekerja dengan kru saya.

"Saya ingin berterima kasih kepada YMC dan Petronas Yamaha Sepang Racing Team, yang telah memberi saya kesempatan ini untuk memasuki kelas MotoGP pada 2019. Saya akan memberikan yang terbaik untuk membuat mereka bangga lagi tahun ini," pungkasnya.


Baca juga: Lorenzo, Biaggi dan Anderson siap dinobatkan sebagai legenda MotoGP

Baca juga: Tes pramusim Jerez selesai, catatan waktu Vinales belum terkalahkan

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2020