Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI, HR Agung Laksono, di Jakarta, Rabu, mengungkapkan, bahwa ia sangat mendambakan politisi perempuan dapat tampil memimpin DPR RI, tidak hanya jagi anggota parlemen biasa.

 "Sekarang memang ada pemikiran bukan hanya sebagai daftar anggota, tapi nanti dalam struktur kepemimpinn dewan juga ada perempuan," ungkapnya saat menyampaikan sambutan dalam rangka Hari Ibu di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta.

Politisi senior Partai Golkar ini mengakui, persentase anggota DPR RI dari kalangan perempuan saat ini masih rendah, yakni belum mencapai 30 persen.

"Padahal, tidak tertutup kemungkinan anggota Dewan dari kalangan perempuan bisa menjadi pimpinan DPR RI. Karena itu, pada Pemilu 2009 mendatang, jumlah perempuan di parlemen akan meningkat dan nantinya akan menjadi pimpinan DPR RI," ujarnya.

Agung Laksono juga yakin bahwa dengan kuota angka 30 persen dalam Undang Undang (UU) Pemilu yang mengharuskan satu dari tiga merupakan nama perempuan, akan nada peningkatan jumlah kaum hawa di Pemilu 2009 mendatang.

Dalam acara Hari Ibu yang diselenggarakan oleh Kaukus Parlemen Perempuan (KPP) itu, selain bazaar juga diadakan jdiskusi bertajuk "Peningkatan Kapasitas Caleg Perempuan Dalam Membentuk Jejaring".

Diskusi itu menghadirkan Eva Sundari (PDI Peruangan), Latifah Iskandar (PAN) dan Erni Anggraeni, serta Andriana Venny dari Koalisi NGO.

Dialog ini membicarakan peran serta dan keterwakilan perempuan di partai politik, khususnya dalam daftar susunan Calegnya.(*)

Editor: Heru Purwanto
Copyright © ANTARA 2008