Manado (ANTARA News) - Pengiriman paket barang dan dokumen menjelang Natal 15 Desember 2008, melalui perusahaan jasa pengiriman di kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) mengalami peningkatan signifikan.

Direktur PT Kilat Antar Utama Manado, Jansen kepada ANTARA di Manado, Rabu mengatakan, volume pengiriman barang dari berbagai kota di Indonesia tujuan Manado atau sebaliknya terjadi peningkatan sekitar 100-200 persen.

Biasanya dalam sehari hanya sekitar 500 kg tetapi saat ini melonjak sekitar 1.000-2.000 kg barang," ujarnya.

Dia mengatakan, peningkatan pengiriman barang yang masuk ke Manado tersebut terutama berasal dari beberapa kota di Pulau Jawa seperti Jakarta.

Meningkatnya volume pengiriman barang itu sudah biasa terjadi saat menjelang hari raya keagamaan seperti dalam menyambut Natal 25 Desember 2008.

Sebab pada saat-saat seperti itu, baik masyarakat maupun perusahaan banyak melakukan pengiriman barang dan dokumen dari satu kota ke kota lainnya

Umumnya barang yang dikirim dari luar daerah seperti Jakarta dengan tujuan Manado adalah berbagai produk bahan jadi konveksi.

Sementara barang yang dikirim dari Manado ke berbagai kota di Indonesia adalah bahan makanan seperti kue kering," katanya

Direktur PT Mitra Cargo Manado, Adam mengatakan, diprediksikan peningkatan pengriman barang tersebut akan terus terjadi hingga pekan depan menjelang Hari Natal 25 Desember 2008 dan Tahun Baru 1 Januari 2009.

Sebab pada saat seperti itu semakin banyak warga yang memanfaatkan momen tersebut untuk mengirimkan sesuatu barang kepada kenalan maupun saudara yang berada di laur daerah.

"Kendatipun saat ini terjadi kenaikan pengiriman volume barang, namun perusahaan tidak menaikkan tarif, harganya masih tetap," katanya tanpa merinci.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2008