Jakarta (ANTARA News) - Pebulutangkis ganda putra peringkat satu dunia, Markis Kido/Hendra Setiawan, memenangi pertarungan antar juara Olimpiade, saat juara Olimpiade Beijing 2008 itu mengalahkan juara Olimpiade Sydney 2000 Candra Wijaya/Tony Gunawan dalam pertandingan Grup B Final Super Series Masters 2008.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadium Tertutup Likas Kota Kinabalu, Sabah, Malasyia,Kamis petang, Kido/Hendra mengalahkan Candra/Tony dalam tiga game 21-10, 19-21, 21-18.

Kido/Hendra yang tanpa kesulitan memenangi game pertama setelah memimpin sejak awal, tertinggal pada pertengahan game kedua setelah Candra/Tony membukukan lima angka berturut-turut. Mereka tidak mampu lagi mengejar dan kehilangan game tersebut.

Kido/Hendra bangkit pada game penentuan untuk memenangi pertandingan meskipun harus bermain ketat dan sempat terkejar hingga kedudukan 16-16. Mereka lalu berhasil memperkecil jarak pada kedudukan 18-19 sebelum menutup dengan kemenangan 21-18.

"Tadi mainnya memang ketat banget, beruntung kami masih bisa atasi. Game ketiganya saja ketat terus angkanya,"kata Kido usai pertandingan.

Hal yang sama diakui Candra yang mengatakan pada game pertama ia dan pasangannya masih penyesuaian dengan pertandingan.

"Beda tipis memang, sayang pada poin-poin terakhir berturut-turut gagal sendiri,`kata Candra mengenai pertandingan yang dimenangi juniornya saat di pelatnas itu.

Pada pertandingan kedua mereka dalam Grup B, Jumat, Kido/Hendra akan melawan pasangan Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen yang sudah mengalami satu kekalahan dari ganda Malaysia Koo Kien Keat/Tan Boon Heong 21-15, 21-12, yang akan melawan Candra/Tony.

Pada Grup A, pasangan Korea Jung Jae Sung/Lee Yong Dae juga harus bermain tiga game untuk meraih kemenangan pertama mereka saat menundukkan Chris Adcock/Robert Blair dari Inggris 21-17, 12-21, 21-11.

Pasangan Malaysia Mohd Zakry Abdul Latif/Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari pun telah membukukan satu kemenangan pada Grup A setelah mengalahkan Anders Kristiansen/Simon Mollyhus dari Denmark 21-18, 21-15.

Ganda putri Jo Novita/Greysia Polii yang masuk ke Final Super Series setelah sejumlah pasangan mengundurkan diri, mencatat kemenangan pertama mereka pada Grup B dengan mengalahkan pasangan Nicole Grether (Jerman)/Charmaine Reid (Kanada) 21-14, 21-17.

Jo/Greysia berada dalam Grup B bersama Grether/Reid, Chin Eei Hui/Wong Pei Tty (Malaysia) dan Lena Frier Kristiansen/Kamilla Rytter Juhl (Denmark).
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2008