Wamendag jelaskan taget kerja sama dagang ke pelajar RI di Turki

Wamendag jelaskan taget kerja sama dagang ke pelajar RI di Turki

Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga (kanan) dan Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal (kiri) dalam acara 'Inspiration Day' di Kayseri, Turki, Sabtu (1/2/2020). ANTARA/Dokumentasi KBRI Ankara/pri.

Menjadi politisi adalah sebuah pilihan, tetapi menjadi politisi jangan menjadi tujuan. Jadikan profesi politisi sebagai means. Sebagai alat untuk mewujudkan idealisme,
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga menjelaskan target hubungan dagang bilateral Indonesia dengan Turki kepada sekitar 200 orang anggota Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Turki dalam kegiatan bertajuk Inspiration Day yang berlangsung di kota Kayseri.

Menurut keterangan tertulis KBRI Ankara yang diterima di Jakarta, Minggu, acara tersebut berlangsung pada Sabtu (1/2) dan dimoderatori langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal.

Jerry menjelaskan kepada para anggota PPI bahwa target kerja sama dagang bilateral Indonesia dan Turki termasuk untuk menyelesaikan Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komprehensif atau Comprehensive Economic Partnership (CEPA) pada tahun 2020.

“Kita kehilangan segmen pasar di Turki (senilai) lebih dari 500 juta dolar AS karena belum menyelesaikan CEPA,” kata Wamendag.

Dia pun mengatakan penyelesaian CEPA tersebut akan membuka ruang bagi Indonesia untuk kembali mengambil kesempatan atas peluang tersebut.

“Dan membuka peluang bagi produk lainnya,” tambah dia.

Baca juga: Soal GSP, Wamendag Jerry Sambuaga: Kami minta dalam waktu dekat
Baca juga: Jerry Sambuaga ditunjuk jadi Wamen Perdagangan


Mantan anggota Komisi I DPR RI itu direncanakan akan bertemu Wamendag Turki, pelaku bisnis, serta sejumlah tokoh politik yang menangani isu ekonomi di negara tersebut.

Dia diharapkan dapat melakukan peninjauan kembali terhadap hasil perundingan ke-4 CEPA yang berlangsung pada tanggal 30 hingga 31 Januari lalu dan mencari solusi bersama agar sejumlah bagian perundingan yang belum disepakati dapat segera diselesaikan.

Lebih lanjut, agenda kerja sama dagang, Wamendag yang berkunjung ke Turki atas undangan Dubes Iqbal juga berbagi motivasi dan inspirasi dengan para perwakilan PPI dari seluruh Turki yang juga tengah melangsungkan Musyawarah Tahunan.

Jerry sempat menjawab pertanyaan dari salah seorang peserta mengenai pengalaman generasi muda yang memiliki idealisme menjadi seorang pelaku politik.

“Menjadi politisi adalah sebuah pilihan, tetapi menjadi politisi jangan menjadi tujuan. Jadikan  profesi politisi sebagai means. Sebagai alat untuk mewujudkan idealisme,” ujar pria yang berusia 34 tahun itu.

Baca juga: Wamendag Jerry Sambuaga sasar perbaikan neraca perdagangan
Baca juga: Jerry Sambuaga, politisi milenial emban tugas wamendag


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden perkenalkan latar belakang 12 wamen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar