Cirebon (ANTARA) - Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, memulangkan SH pasien yang sempat diduga terinfeksi virus corona setelah hasil pemeriksaan laboratorium menyatakan negatif.

"Tadi siang pasien sudah pulang ke rumahnya, kita boleh memulangkan karena hasil dari pemeriksaan laboratorium negatif," kata Direktur RSUD Waled Kabupaten Cirebon Budi S Soenjaya di Cirebon, Minggu.

Pasien SH yang terduga terinfeksi virus corona kata Budi, selama menjalani pemeriksaan dan isolasi di RSUD Waled juga terus menunjukkan hal yang positif dari hari ke hari.

Baca juga: Dinsos bantu pemulangan mahasiswa Sampang dari China

Dia mengatakan pada hari pertama masuk RSUD, SH dibantu alat pernafasan dan lainnya, namun kondisi itu tiap hari terus membaik. Bahkan pada hari ketiga sudah tidak lagi menggunakan alat bantu pernafasan.

"Tiap hari kondisi SH terus membaik, bahkan yang sebelumnya sempat menggunakan oksigen pada hari ketiga telah dilepas," ujarnya.

Budi melanjutkan untuk diagnosa dari dokter yang menangani SH sejak pertama dirawat menyatakan bahwa  yang bersangkutan mengalami infeksi saluran pernafasan bawah.

Budi menambahkan kepastian bahwa SH dinyatakan negatif dari terinfeksi virus corona didapatkan pada hari Sabtu yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon.

Baca juga: Kemenhub pastikan maskapai ikuti mitigasi pesawat dari Wuhan

"Sabtu kemarin kita dapat kabar dari Dinas Kesehatan bahwa pasien SH adalah negatif dari virus corona," katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Eny Suhaeni mengatakan hasil pemeriksaan laboratorium terhadap SH pasien terduga terinfeksi virus corona sudah ke luar dan hasilnya adalah negatif.

"Dari pemeriksaan sputum maupun sweb (pasien terduga terinfeksi virus corona) hasilnya negatif," kata Eny.

Eny mengatakan kepastian negatif itu sesuai hasil pemeriksaan laboratorium yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dengan nomor surat LB.0301-2-1369-2020.

Di mana intinya dari isi surat tersebut SH yang sempat diduga terinfeksi virus corona sudah dipastikan negatif.

"Kami mendapatkan email dengan nomor surat LB.0301-2-1369-2020. Yang mana hasilnya laporan laboratorium dari pemeriksaan sputum maupun sweb, hasilnya negatif," ujarnya.***3***

Baca juga: Erick Thohir puji kecepatan BUMN bantu WNI di China cegah Virus Corona
Baca juga: Kemenhub tunda sementara penerbangan dari dan ke China
Baca juga: Dinkes Cirebon: Hasil laboratorium pasien terduga virus corona negatif


Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020