Tips berpetualang di alam bebas ala Denny Sumargo

Tips berpetualang di alam bebas ala Denny Sumargo

(Ki-ka) Panji Petualang dan Denny Sumargo berfoto di depan mobil Mitsubishi Eclipse di Plataran Bromo, Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (2/2/2020). (ANTARA/HO)

Pasuruan, Jawa Timur (ANTARA) - Selain menyukai basket, Denny Sumargo rupanya memiliki hobi dan kecintaan lain, yakni berpetualang di alam bebas.

Denny kemudian membagikan beberapa tips bagi para pemula agar kegiatan berpetualang di alam bebas untuk kali pertama bisa menjadi menyenangkan.

Ia mengatakan hal pertama yang wajib dilakukan bagi mereka yang baru memulai kegiatan ini adalah mempersiapkan kesehatan fisik dan mental, utamanya bila akan berpetualang atau mendaki di hutan hingga gunung.

"Aku sudah keliling ke banyak tempat, tapi gunung punya tempat tersendiri. Yang paling menantang adalah Gunung Kerinci dengan medan yang terjal, hingga tanahnya yang becek," kata Denny.

"Untuk itu, pertama buat first timer yang terpenting adalah stamina. Stamina kita harus bagus dan fit. Jangan lupa kesiapan mindset dan mental," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, mantan pebasket berusia 38 tahun itu mengatakan kesiapan peralatan untuk dibawa mendaki juga harus diperhatikan dengan baik.

"Lalu jangan lupa peralatan hiking, konsumsi berupa snack manis untuk asupan kalori, peralatan masak, pisau-pisau kecil, air minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi ketika naik," ujar penggemar Michael Jordan dan Kobe Bryant itu menambahkan.

Aktor yang ikut berperan di "My Trip My Adventure The Movie" (2016) itu pun mempunyai preferensi mobil yang cocok untuk mendukung hobinya menjelajahi alam bebas, mulai dari pantai, lembah, hingga gunung.

"Buatku, mobil seperti Xpander Cross dengan ground clearance 205-225 mm memadai untuk tikungan, tanjakan yang ekstrem, sampai batu-batu, itu memadai banget," kata Denny di jumpa media Mitsubishi Indonesia di Pasuruan, Minggu (2/2).

Menurutnya, medan yang sulit seperti di jalanan berbatu dan tikungan tajam bisa menjadi tantangan dan kesulitan tersendiri, bahkan menyebabkan perjalanan menjadi terhambat.

Lebih lanjut, Denny mengatakan bahwa bagasi kabin dan handling juga menjadi beberapa faktor yang menambah kenyamanannya berkendara di alam bebas.

"Bagasi kabin yang luas juga memenuhi bawaanku banget, dan jumlah penumpang pun banyak. Ditambah handling yang mudah, aku merasa nyaman dan safe," kata dia.

Baca juga: Kampanye digital Xpander Cross libatkan Nicholas Saputra-Denny Sumargo

Baca juga: Tinggalkan zona nyaman, Denny Sumargo jajal teater

Baca juga: Denny Sumargo berharap perkembangan esports di Indonesia jaring generasi muda

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar