Pekanbaru (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto mengharapkan tidak ada lagi pemekaran di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mengingat wilayah tersebut sudah terpecah menjadi lima kabupaten/kota.

"Sebuah kabupaten/kota tidak seharusnya dimekarkan berulang kali," kata Mendagri Mardiyanto saat melakukan kunjungan kerja di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa.

Pernyataan Mendagri tersebut menyusul telah disahkannya pembentukan Meranti menjadi kabupaten sendiri terlepas dari kabupaten induknya Bengkalis.

Mendagri menjelaskan, setiap pemekaran yang dilakukan pada sebuah kabupaten/kota akan menyebabkan wilayah itu lemah dan kemampuannya berkurang.

Hal itu menurut Mendagri bisa mematikan kabupaten induknya sehingga semua pihak harus menyikapi wacana pemekaran dengan bijaksana.

Mendagri juga menambahkan bahwa pemerintah pada dasarnya tidak akan menghalangi adanya wacana pemekaran.

Namun demikian ia berharap wacana pemekaran harus disesuaikan dengan ketentuan serta tidak berdampak negatif bagi daerah induk.

Sementara itu, pada saat ini masih ada wacana untuk membentuk Mandau menjadi kabupaten sendiri terlepas dari kabupaten induknya Bengkalis.

Hal itu membuat Mendari berharap tidak akan ada lagi pemekaran di Kabupaten Bengkalis yang pada saat ini telah terpecah menjadi Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Meranti dan Kota Dumai.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009