LKBN ANTARA raih penghargaan dari BNPB

LKBN ANTARA raih penghargaan dari BNPB

Kepala BNPB Doni Monardo menyerahkan penghargaan kepada LKBN ANTARA, yang diwakili Kepala LKBN ANTARA Biro Penyangga Jakarta (BPJ) M Tohamaksun, sebagai media daring (online) yang berpartisipasi aktif dalam mendukung penyebarluasan informasi kebencanaan tahun 2019, dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional BNPB yang diadakan di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Selasa (4/2/2010). ANTARA/Arif Firmansyah/am.

Jakarta (ANTARA) - LKBN ANTARA melalui portal berita www.antaranews.com meraih penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk kategori media daring (online) atas partisipasi aktif dalam mendukung penyebarluasan informasi kebencanaan tahun 2019
 
Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BNPB Doni Monardo kepada Kepala LKBN Antara Biro Penyangga Jakarta (BPJ) M Tohamaksun yang mewakili Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Akhmad Munir dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional BNPB yang diadakan di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Selasa.

Selain kepada LKBN ANTARA, BNPB juga memberikan penghargaan kepada sejumlah media dari berbagai kategori. Untuk kategori media cetak, penghargaan diberikan kepada Kompas, Media Indonesia, Republika, Suara Pembaruan, Koran Jakarta, dan Pikiran Rakyat.

Media daring yang mendapatkan penghargaan selain antaranews.com adalah tribunnews.com, republika.co.id, detik.com, kompas.com, dan liputan6.com.

Media televisi yang mendapatkan penghargaan adalah CNN Indonesia, Metro TV, Berita Satu TV, TVRI, TV One, dan Kompas TV. Sedangkan media radio yang menerima penghargaan adalah RRI, Elshinta, dan Smart FM.

Selain kepada media, BNPB juga memberikan penghargaan kepada kementerian/lembaga yang telah memberikan dukungan dalam penanggulangan bencana pada 2019.

Baca juga: Presiden berterima kasih pada BNPB atas kesigapan tanggulangi bencana
Baca juga: Rakornas BNPB: Pembangunan harus perhatikan dampak lingkungan

Kementerian/lembaga yang meraih penghargaan adalah TNI; Polri; Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup; Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; Badan Restorasi Gambut; Kementerian Badan Usaha Milik Negara; Kementerian Dalam Negeri; Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT); Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG); Badan Informasi Geospasial (BIG); Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN); dan Kementerian Sosial.

Sejumlah pemerintah daerah juga menerima penghargaan dari BNPB. Pemerintah provinsi yang mendapat penghargaan yaitu Aceh, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Gorontalo, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Sedangkan pemerintah kabupaten/Kota yang menerima penghargaan adalah Cilacap, Pandeglang, Pacitan, Flores Timur, Karangasem, Konawe Utara, Halmahera Selatan, Jayapura, dan Maluku Tengah.

BNPB juga memberikan penghargaan kepada dunia usaha antara lain BRI, BNI, Bank Mandiri, ASDP, Bulog, PLN Peduli, Artha Graha Peduli, Bank Mayapada, Maipark Asuransi, ALFI, Indofood, dan Rafika Group.

Organisasi kemasyarakatan yang mendapat penghargaan dari BNPB adalah Palang Merah Indonesia (PMI), Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU), Gerakan Pramuka, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, dan Paguyuban Budiasi.

Dunia pendidikan dan yayasan yang mendapat penghargaan adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI), Ikatan Alumni Universitas Indonesia, Himpunan Alumni IPB, dan CT Arsa Foundation.

BNPB juga memberikan penghargaan kepada perorangan, yaitu pelopor Gerakan Restorasi Sungai Prof Ir Agus Maryono, pendiri Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) almarhum Joserizal Jurnalis, operator kendaraan evakuasi PMI almarhum Tatang MTH, relawan Sekretariat Bersama Relawan Penanggulangan Bencana Jawa Timur almarhum Rully Adu Dharma, dan relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Aceh almarhum T Syahrizal.

Sedangkan penghargaan kategori tindakan heroik saat penyelamatan diberikan kepada bintara pembina desa yang bertugas di Kabupaten Solok Selatan Sersan Satu Mardi dan Tim Penyusun Batalyon Infanteri Raider Khusus 751 VJS Sentani, Jayapura, Papua.

Baca juga: Jokowi perintahkan seluruh instansi tingkatkan mitigasi bencana
Baca juga: Presiden minta seluruh pihak antisipasi karhutla


 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PT KIM gandeng LKBN Antara kembangkan wisata industri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar