Ponorogo (ANTARA News) - Limapuluh grup reog dari berbagai provinsi di tanah air akan memperebutkan tropi bergilir Presiden RI dalam Festival Reog Nasional (FRN) XV di Alun-Alun Kota Ponorogo, Jawa Timur, Rabu hingga 27 Desember mendatang.

Pada festival kali ini, kata Ketua FRN XV Budi Satria di Ponorogo, diikuti 50 grup dan tidak diikuti peserta dari luar negeri seperti tahun sebelumnya.

Festival Reog XV yang dibuka Selasa (23/12) malam itu dihadiri Raja Denpasar, Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan, selaku Ketua Forum Silaturahmi Keraton Nusantara(FSKN).

Ia menyebutkan, tiga dari 50 peserta di antaranya dari kalangan pelajar, yakni grup Taruno Suryo dari Sekolah Menengah Umum (SMU) Muhammadiyah 1 Ponorogo, Krida Truna dari SMU Negeri 2 Ponorogo, dan Singho Manggolo Mudo dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Wonogiri.

Peserta festival ini, lanjut dia, tidak hanya diikuti grup reog dari Pulau Jawa, tetapi juga peserta dari Kabupaten Keerum, Provinsi Papua, yaitu grup Karya Budaya.

Menyinggung asal para juri, dia menyebutkan, dewan juri terdiri atas lima orang yang berasal dari kalangan akademisi, seniman, dan Departemen Pariwisata.

Selain festival reog, rangkaian acara Grebeg Suro dalam rangka menyambut tahun baru Islam, 1 Muharam 1430 Hijriah, juga akan dimeriahkan kirab sepeda kuno dan sendratari di depan paseban panggung utama.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Kamis (25/12)," katanya.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2008