Denpasar (ANTARA News) - Timor Leste berhasrat mempererat kerjasama dengan Provinsi Bali dalam banyak bidang sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

"Keinginan ini diutarakan Konjen TimurLeste di Bali Manuel Serrano kepada Gubernur Bali Made Mangku Pastika," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali I Nyoman Puasha Aryana di Denpasar Kamis.

Manuel Serrano dan Made Pastika bertemu di Denpasar Rabu (24/12).

Bali dan Timor Leste mempunyai kedekatan geografis di mana banyak warga negara Timor Leste yang bepergian ke luar negeri mesti melalui dulu Bali.

Selain itu Bali-Timor Leste kerap bekerjasama dalam bidang pendidikan dan kesehatan dan banyak warga Timor Leste yang melanjutkan pendidikan di Bali.

Tak hanya itu, RSUP Sanglah Denpasar masih menjadi rumah sakit rujukan bagi warga negara Timor Leste yang berobat ke luar negeri di mana setiap tahun sekitar 100 orang warga Timor Leste berobat di rumah sakit itu.

Kedua wilayah juga mempunyai ikatan historis relegius, mengingat hampir tiap bagian wilayah negara Timor Leste terdapat pura yang dulu dibangun para transmigran asal Bali.

"Hal itu bisa dijadikan jembatan bagi Bali dan Timor Leste dalam membangun hubungan yang lebih baik," harap Gubernur yang pernah berdinas di Timor Leste ini. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2008