Pemkab Bangka bentuk posko pencegahan virus corona

Pemkab Bangka bentuk posko pencegahan virus corona

epala Bidang Pencegahan, Pengendalian penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Nora Sukma Dewi (Jilbab) bersama Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Harmendo (ANTARA/kasmono)

Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui dinas kesehatan setempat membentuk posko pencegahan virus corona di pintu masuk baik di bandara dan pelabuhan umum.

"Posko pencegahan virus corona terintegrasi langsung di pintu masuk bandara dan pelabuhan bekerjasama dengan  pihak imigrasi maupun kantor kesehatan pelabuhan," kata Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Nora Sukma Dewi di Sungailiat, Rabu.

Baca juga: Polda Kepri "basembang bercerite" dengan masyarakat Natuna

"Petugas di posko akan memantau dan memeriksa suhu tubuh penumpang kapal ataupun penumpang pesawat terbang," jelasnya.

Menurutnya, pemerintah pusat dan daerah cukup serius dalam upaya pencegahan virus corona karena masalah ini sudah menjadi perhatian dunia.

"Posko pencegahan dibentuk saat mulai merebaknya virus corona sampai dengan sekarang," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Kepri bentuk posko kesehatan di Natuna untuk cegah Corona

Dikatakan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menetapkan dua rumah sakit sebagai rujukan pasien terkena virus corona, dimana rumah sakit tersebut sudah dinyatakan memenuhi standar isolasi.

"Kedua rumah sakit tersebut yakni, RS Masdisi Yudhono di Tanjung Pandan dan RS Depati Hamzah di Pangkalpinang, dengan kapasitas tiga ruang isolasi dan sembilan alat pelindung diri (APD)," katanya.

Dia mengimbau seluruh masyarakat agar tidak mudah mempercayai berita bohong dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan terkait virus corona, mengingat ada dugaan kabar yang menyatakan virus corona sudah masuk di Indonesia.

"Masyarakat hendaknya segera menghubungi petugas kesehatan jika mendapatkan informasi yang meresahkan," kata Nora Sukma Dewi.

Baca juga: 30 persen bahan baku dari China, Menperin siapkan subtitusi impor
Baca juga: Satuan Brimob Polda Bali ikuti latihan antisipasi corona

Pewarta: Kasmono
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ramai-ramai ormas di Malang bersatu lawan corona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar