Jakarta (ANTARA News) - Depkominfo menyatakan akan terus memantau kesiapan jaringan penyelenggara telekomunikasi dalam menyediakan layanan kepada masyarakat terutama menghadapi pergantian tahun.

"Menjelang pergantian tahun hingga Tahun Baru, biasanya traffic telekomunikasi melonjak. Untuk itu perlu kesiapan jaringan para operator," katanya Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo, Gatot S. Dewa Broto, di Jakarta, Jumat.

Gatot menjelaskan, pihaknya dalam dua hari terakhir (25-26 Desember) telah melakukan pemantuan layanan operator, dan hasilnya cukup bagus ditandai dengan tingkat kualitas layanan yang baik dan tidak ada gangguan berarti.

Ia menjelaskan, pemantauan terutama di saat perayaan Natal 2008 itu, dilakukan terhadap seluruh aspek layanan mulai dari suara (voice), layanan pesan singkat, internet.

Untuk itu ujarnya, Depkominfo sebagai regulator memberikan apresiasi bahwa operator memberi layanan yang terbaik bagi konsumen.

Ditambahkan, kualitas layanan yang bagus tersebut tidak terlepas dari pengalaman dan komitmen operator mengatasi lonjakan traffic komunikasi seperti pada saat Hari Idul Fitri 2008 lalu.

"Saat itu operator berhasil melewati saat-saat kritis menghadapi lonjakan komunikasi suara dan pengiriman SMS, sehingga tidak ada yang tersendat, dan jumlah SMS yang tertunda (delay) dapat diatasi," ujarnya.

Oleh karna itu, meskipun sejauh ini para penyelenggara telekomunikasi cukup yakin dengan seluruh kesiapan yang ada, tetapi Depkominfo tetap melakukan monitoring secara intensif dengan tujuan untuk mendorong para operator mempertahankan kualitas layanan dan meminimalisasi kemungkinan buruk tumbangnya jaringan.

Sebelumnya operator telekomunikasi PT Exelcomindo Pratama (XL) menyatakan telah mempersiapkan jaringan menjelang lonjakan trafik komunikasi saat Natal dan Tahun Baru 2009.

Direktur Jaringan XL, Dian Siswarini memperkirakan lonjakan yang terjadi akan mirip dengan tren Lebaran 2008 yaitu panggilan suara lebih tinggi dari pengiriman SMS karena program tarif telepon murah XL.

Ia menjelaskan, saat hari biasa trafik SMS XL pada jam sibuk mencapai sekitar 70 juta SMS per hari.

Sementara traffic panggilan keluar rata-rata adalah 300 juta panggilan sehari.

Diperkirakan pada Natal dan Tahun Baru tahun ini akan terjadi lonjakan traffic SMS hingga 200 persen dari traffic normal.

"Jaringan XL sudah siap menghadapi lonjakan traffic di akhir tahun ini. Untuk itu XL meningkatkan kapasitas SMS hingga 23.000 SMS per detik," uja Dian.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2008