London (ANTARA News) - Liverpool mencatat keunggulan tiga poin di puncak klasemen liga utama Inggris setelah mereka mengalahkan Newcastle United 5-1, sedang posisi kedua, Chelsea, ditahan imbang 2-2 oleh tetangga mereka, Fulham, Minggu.

Arsenal mengakhiri tiga hasil imbang secara beruntun dengan mengalahkan Portsmouth 1-0 di Emirates Stadium, dengan gol menjelang pertandingan berakhir dari William Gallas.

Liverpool kini memimpin klasemen dengan 45 poin dari 20 pertandingan, unggul tiga poin di atas Chelsea (42), diikuti oleh  United, Villa, dan Arsenal, yang sama-sama mengumpulkan 35 poin, meskipun United kini memiliki keuntungan tiga pertandingan.

Pada pertarungan di papan bawah, West Bromwich Albion mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0, dengan kedua gol terjadi menjelang akhir pertandingan, untuk keluar dari posisi terbawah meskipun Blackburn Rovers bisa menurunkan mereka kembali jika mengalahkan Manchester City  Minggu petang (1615 GMT).

Pada pertandingan lain, Wigan Athletic menang 1-0 di Bolton Wanderers, Everton mengalahkan Sunderland 3-0 di Goodison Park, dan West Ham United menang di kandang untuk pertamakalinya dalam tujuh pertandingan liga dengan kemenangan 2-1 atas Stoke City.


Kemenangan terbesar

Kemenangan di St James' Park itu merupakan kemenangan terbesar Liverpool pada musim ini dan mengikuti sukses mereka menang 3-0 atas  Bolton Wanderers Jumat.

Steven Gerrard mencetak gol dua kali, dengan Sami Hyypia, Ryan Babel, dan Xabi Alonso (penalti), menambah gol lainnya, saat Liverpool mempertahankan kendali mereka untuk merebut gelar pertama sejak 1990.

Setelah Gerrard dan Hyypia menjebol gawang Newcastle untuk membuat Liverpool unggul 2-0, Newcastle membalas menjelang akhir babak pertama melalui David Edgar.

Namun kemudian, Babel mengembalikan keunggulan dua gol Liverpool pada awal babak kedua, sebelum Gerrard menambah gol keempat pada menit ke-66.

Alonso membuat kedudukan menjadi 5-1 pada menit ke-76 setelah  Edgar fouled melanggar David Ngog.

    
Derby mendebarkan

Terjadi pertandingan antar tim sekota yang mendebarkan di Craven Cottage di mana Fulham unggul lebih dulu melalui Clint Dempsey, namun kemudian dua gol dari Frank Lampard membuat Chelsea balik memimpin saat pertandingan tersisa 17 menit.

Namun di bawah pelatih Roy Hodgson, Fulham menjadi sulit dikalahkan dan tim ruan rumah itu memperpanjang langkah tidak terkalahkan mereka menjadi sembilan pertandingan, saat Dempsey membuat kedudukan menjadi imbang 2-2 pada menit terakhir.

Sementara itu peluang Arsenal masih tetap ada saat Gallas menciptakan satu-satunya gol di Stadion Emirates, sembilan menit sebelum pertandingan melawan Portsmouth berakhir.

Arsenal, yang bermain imbang pada tiga pertandingan mereka sebelumnya, mempertahankan kemenangan itu, sedang tim tamu, yang dilatih mantan kapten Arsenal Tony Adams, menelan kekalahan keempat mereka secara beruntun di liga.

    
Hammers menang

Pertandingan ketiga di London juga harus ditentukan dengan gol menjelang pertandingan berakhir saat West Ham bangkit dari ketinggalan gol lebih dulu, mengalahkan Stoke City 2-1 di Upton Park. Diego Tristan mencetak gol yang menentukan kemenangan pada menit ke-88.

Stoke unggul lebih dulu dengan gol pada menit keempat dari Abdoulaye Faye, sebelum Carlton Cole menyamakan kedudukan pada awal babak kedua.

Stoke harus bermain dengan 10 pemain saat Ricardo Fuller diusir dari lapangan karena memukul kaptennya Andy Griffin.

West Ham berusaha keras menekan ke depan untuk merebut kemenangan dan akhirnya mereka berhasil saat Tristan mencetak gol dua menit sebelum pertandingan berakhir.

Sementara itu Tottenham Hotspur juga harus bermain dengan 10 pemain di Hawthorns saat melawan West Bromwich Albion karena Benoit Assou-Ekotto dikeluarkan pada babak pertama karena mengganjal keras Gianni Zuiverloon. Spurs akhirnya kalah dengan dua gol menjelang pertandingan berakhir.

Roman Bednar membuat West Brom unggul pada menit ke-83, sebelum Craig Beattie membuat kedudukan menjadi 2-0 bagi tim tuan rumah, empat menit sebelum pertandingan berakhir, demikian laporan Reuters. (*)

Pewarta:
Copyright © ANTARA 2008