Jakarta  (ANTARA News) - Sekitar 1.000 mahasiswa yang tergabung dalam beberapa elemen organisasi massa dan mahasiswa, seperti Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan BEM Universitas Islam Negeri Jakarta, melakukan unjukrasa mengecam serangan Israel atas Jalur Gaza, di Bundaran Hotel Indonesia , Jakarta, Senin.

Meski berlangsung tertib, unjukrasa ini tetap membuat arus lalu lintas di sekitar Bundaran HI macet, sehingga arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Jenderal Sudirman untuk sementara ditutup guna mencegah kemacetan yang lebih parah.

Dalam aksi tersebut mereka membentangkan spanduk yang intinya mengecam tindakan brutal Israel menyerang Palestina. Mereka juga meneriakkan yel-yel mengecam serangan Israel.

Spanduk yang mereka bentangkan antara lain berbunyi "Go to Hell Israel" dan Israel Zionis, Amerika Teroris". Semakin siang, massa yang datang semakin banyak.

Untuk mengamankan jalannya unjuk rasa, petugas gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Jakpus serta Polsek Gambir menurunkan sebanyak 500 personel.

Saat ini massa dikonsentrasikan aparat kepolisian di depan Hotel Kempinski.

Ketua Bidang III Salam UI, Margaretta Chrisnasari menjelaskan aksi tersebut bertujuan membangkitkan kembali perhatian dan solidaritas sesama umat manusia di dunia, khususnya terhadap bangsa Palestina yang masih terjajah dan tertindas.

Selain itu, untuk memberi tekanan kepada pemerintah Mesir agar mau membuka perbatasan dengan Palestina dan membantu warga Palestina serta tidak terjebak dalam skenario Israel.

"Aksi ini juga untuk membangun dukungan umat manusia di seluruh dunia terhadap perjuangan rakyat Palestina dan Hammas," kata Margaretta.(*)
 

Copyright © ANTARA 2008