BMKG: Waspada gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia

BMKG: Waspada gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia

Peta cuaca wilayah Jakarta memperlihatkan peluang hujan dan arah angin yang di pantauan oleh BMKG, Kamis (6/2/2020) (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi di sejumlah perairan di Indonesia, pada Senin (10/2) hingga Selasa (11/2).

Berdasarkan informasi peringatan dini yang diunggah BMKG dalam laman www.BMKG.go.id, Minggu malam, gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan sekitar Bengkulu, Maluku Utara, Bali dan Kalimantan Tengah.

Baca juga: Minggu siang DKI Jakarta diprediksi hujan ringan

Di Bengkulu, gelombang tinggi mencapai 0,5-3,0 meter berpotensi terjadi di perairan Bengkulu- Enggano dan gelombang tinggi 2,0-3,5 meter berpotensi terjadi di Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Baca juga: BMKG: Curah hujan di Jakarta mulai menurun namun tetap waspada banjir

Sementara di Maluku Utara, gelombang tinggi 2,5-3,0 meter berpotensi terjadi di wilayah Samudera Pasifik sebelah utara Halmahera, Samudera Pasifik sebelah selatan Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Morotai, perairan barat bagian utara Halmahera dan perairan timur Halmahera.

Baca juga: BMKG ingatkan waspada banjir-longsor dampak puncak musim hujan

Di Bali, gelombang tinggi mencapai 2 meter atau lebih berpotensi terjadi di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan dan Samudera Hindia sebelah selatan Bali.

Sedangkan di Kalimantan Tengah gelombang tinggi mencapai 1,0-2,0 meter diperkirakan terjadi pada Senin (10/2) di wilayah perairan selatan Kalimantan Tengah.

BMKG mengimbau masyarakat pesisir agar berhati-hati ketika beraktivitas di laut.
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Malam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar