Jakarta,  (ANTARA News) - Sejumlah penyanyi dan musisi lintas generasi akan berada satu panggung pada 23 Januari 2009, di Jakarta, dalam knser persembahan untuk mengenang komponis Indonesia, Ismail Marzuki.

Mereka yang terlibat adalah Kris Biantoro, Gatot Soenjoto, Tohpati, Andien, Rio Febrian, Rieka Roeslan, dan Baim. Acara tersebut bertajuk "A Tribute to Ismail Marzuki" yang akan berlangsung di Usmar Ismail Concert Hall.

Produser Acara "A Tribute to Ismail Marzuki", Kumoratih Kushardjanto  Jakarta, Selasa, mengungkapkan acara ini merupakan salah satu upaya untuk mengajak generasi muda mencintai karya-karya klasik para maestro musik Indonesia.

"Ismail Marzuki menciptakan lagu-lagu yang luar biasa banyak dan populer di semua kalangan dari berbagai generasi. Anak-anak muda mungkin masih mendengar lagu-lagunya diperdengarkan hingga sekarang, tapi kadang mereka tidak berpikir siapa yang mengarang," kata Ratih, sapaan akrab Kumoratih.

Ia menjelaskan konsep konser persembahan untuk Ismail Marzuki ini adalah musik jazz dalam format big band. Para penyanyi dan musisi akan membawakan lagu-lagu Ismail Marzuki dalam berbagai versi dengan aransemen ulang yang lebih menarik dan segar.

"Ada 12 lagu Ismail Marzuki yang akan dibawakan, seperti lagu `Kopral Jono`, `Sepasang Mata Bola`, `Juwita Malam`, `Payung Fantasi`," ujarnya.

Ismail Marzuki adalah komponis besar yang dimiliki Indonesia. Ia lahir di Kampung Kwitang, Jakarta Pusat, pada 1914. Sejak tahun 1930-an hingga 1950-an, Ia menciptakan sekitar dua ratus lima puluh lagu dengan berbagai tema dan jenis aliran musik yang memesona.

Hingga saat ini lagu-lagu karyanya yang abadi masih dikenang dan terus berkumandang di masyarakat. Dalam dunia seni musik Indonesia, kehadiran putra Betawi ini mewarnai sejarah dan dinamika pasang surutnya musik Indonesia.

Lagu-lagu ciptaannya antara lain "Rayuan Pulau Kelapa" (1944), "Gugur Bunga" (1945), "Halo-Halo Bandung" (1946), "Selendang Sutera" (1946), "Sepasang Mata Bola" (1946), dan "Melati di Tapal Batas" (1947).

Sebagai komponis, Ismail Marzuki dikenal produktif dan pandai melahirkan karya-karya yang mendapatkan apresiasi tinggi dari masyarakat. Dalam bermusik, dia mempunyai kebebasan berekspresi, leluasa bergerak dari satu jenis aliran musik ke jenis aliran musik yang lain.

Ismail Marzuki juga punya kemampuan menangkap inspirasi lagunya dengan beragam tema. Keterpesonaan Ismail Marzuki pada sisi-sisi romantisme masa perjuangan melahirkan lagu-lagu bertema cinta dan perjuangan. Meski lagu-lagu karyanya tampak sederhana, syairnya sangat kuat, melodius, dan punya nilai keabadian.

Komponis pelopor yang wafat 25 Mei 1958 ini telah melahirkan lagu-lagu kepahlawanan yang menggugah jiwa nasionalisme. Maestro musik ini menyandang predikat Komponis Pejuang Legendaris Indonesia.

Ia dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Presiden RI, dalam rangkaian Hari Pahlawan 10 November 2004 di Istana Negara. Ia dikenal sebagai pejuang dan tokoh seniman pencipta lagu bernuansa perjuangan yang dapat mendorong semangat membela kemerdekaan.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009