Kondisi kedua pasar sudah sangat padat sehingga perlu dibenahi secara total agar aktivitas perdagangan menjadi lebih nyaman
Kupang (ANTARA) - Pemerintah pusat akan membangun dua unit pasar modern di wilayah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada 2020 guna mendukung aktivitas perdagangan di daerah itu.

Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jefrison Riwu Kore dalam kegiatan Gathering Media di Kupang, Rabu, mengatakan dua pasar yang segera dibangun pada 2020 ini yaitu Pasar Kasih Naikoten I dan Pasar Oeba.

"Kondisi kedua pasar sudah sangat padat sehingga perlu dibenahi secara total agar aktivitas perdagangan menjadi lebih nyaman," kata Jefrison Riwu Kore.

Baca juga: Dirjen: Pemerintah revitalisasi 5.252 pasar rakyat hingga 2019


Menurut dia, alokasi dana pembangunan kedua pasar moderen itu lebih dari Rp10 miliar yang dialokasikan dana bantuan pemerintah pusat.

"Kalau dua pasar itu sudah kita tata dengan baik maka kita akan memiliki pasar modern karena selama ini Pasar Kasih dan Oeba masih terkategori pasar tradisional," ungkap Jefrison Riwu Kore.

Menurut dia, Pemerintah Kota Kupang semula mendesain pembangunan dua pasar itu untuk dua lantai namun karena dukungan anggaran desain tidak dialokasikan maka pembangunan dua unit pasar itu hanya untuk satu lantai.

Ia mengatakan bangunan Pasar Kasih Naikoten I yang sudah dibangun dua lantai akan dibongkar secara total dan dibangun dengan bangunan satu lantai.

Baca juga: Kemenkop UKM: Pasar rakyat harus dikelola koperasi secara profesional


"Bangunan pasar yang ada saat ini kita robohkan untuk dibangun yang baru," Kasat Jefrison Riwu Kore didampingi Plt Sekda Kota Kupang, Eli Wairata dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekda Kota Kupang, Yos Rera Beka serta Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang,Eduard Jhon Pelt.

Pemerintah Kota Kupang lanjut Jefrison Riwu Kore, sedang menggodok regulasi tentang penghapusan aset Pasar Kasih Naikoten I Kupang sebelum dua lantai itu dibongkar.

Ia mengatakan pembangunan dua unit pasar moderen di Kota Kupang akan mendukung kegiatan perdagangan di kedua pasar itu menjadi lebih memadai, nyaman, bersih dan sehat. 

Baca juga: Kemendag siap rampungkan Nawa Cita Presiden Jokowi soal pasar rakyat
 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020