Pas hari Valentine, penjualan bunga di Pasar Kembang Cikini meningkat

Pas hari Valentine, penjualan bunga di Pasar Kembang Cikini meningkat

Pedagang bunga merangkai buket di lapaknya yang berlokasi di Pasar Kembang Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020). (ANTARA/ Livia Kristianti)

Khusus Valentine memang pembelian meningkat tiga kali lipat dari hari biasa
Jakarta (ANTARA) - Penjualan bunga di Pasar Kembang Cikini meningkat tiga kali lipat di hari perayaan Valentine yang jatuh tepat pada Jumat (14/2) karena banyak warga Ibu Kota, khususnya di kawasan Jakarta Pusat membeli bunga untuk merayakan hari kasih sayang itu.

"Empat hari sebelumnya udah ada yang pesan. Yang pesanan sudah ready semua. Khusus Valentine memang pembelian meningkat tiga kali lipat dari hari biasa, "kata Mian Hartanto seorang penjual bunga di Pasar Kembang Cikini, Jumat.

Berdasarkan pantauan ANTARA, suasana lengang di Pasar Kembang Cikini nampak akibat hujan yang mengguyur kawasan itu sejak pukul 10.00 WIB.

Meski aktivitas jual-beli tidak ramai, namun para pedagang bunga sibuk merangkai bunga menjadi buket lengkap dengan aksesoris sebagai pemanisnya.

Selama tiga hari terhitung sejak perayaan Valentine berlangsung, harga bunga diperkirakan meningkat dua kali lipat dari harga jual yang diberikan oleh pedagang di hari biasa.

Baca juga: Malam "Valentine" romantis dengan pemandangan Jakarta dari ketinggian

"Setangkai mawar kalau Valentine jadinya Rp20.000, kalau hari biasa Rp 10.000. Bukan saya yang mau naikin tapi memang dari suppliernya emang dinaikin harganya," kata penjual bunga lainnya, Regis yang juga perangkai bunga di Nur Florist.

Senada dengan Mian, Regis mengaku setiap perayaan Valentine penjualan bunganya mengalami peningkatan.

"Ya meningkat yang belinya, cuma sekarang karena hujan nih jadi sepi. Kalau dulu di saat gak hujan orang-orang sudah ramai ngumpul beli bunga," kata Regis.

Sedikit berbeda dari Mian dan Regis, penjual bunga lainnya, Jaja yang hanya menjual bunga buket mengatakan penjualannya stabil seperti hari biasa, namun ia mengaku harga jual dagangannya lebih tinggi karena meningkatnya harga dari distributor.

Baca juga: Belitung larang perayaan valentine di sekolah

"Sekarang khusus hari ini Rp100.000 per 20 tangkai. Kalau hari biasa cuma Rp50.000, hari ini saja naiknya," kata Jaja.

Pasar Kembang Cikini dapat menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin membeli bunga untuk merayakan hari kasih sayang karena buka 24 jam dengan harga mulai dari Rp20.000 untuk bunga tangkai hingga Rp250.000-Rp350.000 untuk buket yang sudah dirangkai lengkap dengan pemanisnya.
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Film ‘Kain Kafan Hitam’ warnai valentine tahun ini

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar