Liga Belanda

Kalah dari Twente, AZ gagal samai poin Ajax

Kalah dari Twente, AZ gagal samai poin Ajax

Pemain FC Twente Giorgi Aburjania saat merayakan gol ke gawang AZ Alkmaar dalam laga pekan ke-22 Liga Belanda yang digelar di Stadion De Grolsch Veste, Sabtu waktu setempat (Minggu dini hari WIB) (ANTARA/Instagram/fctwente)

Jakarta (ANTARA) - AZ Alkmaar harus menyerah di tangan tuan rumah, FC Twente, dengan skor 2-0 dalam laga pekan ke-23 Liga Belanda yang membuat mereka gagal menyamai poin dengan sang pemuncak klasemen, Ajax.

Giorgi Aburjania dan Queensy Menig menjadi aktor dibalik kekalahan AZ dalam laga yang berlangsung di Stadion De Grolsch Veste pada Sabtu waktu setempat (Minggu dini hari WIB), demikian catatan Liga Belanda.

Kekalahan ini membuat AZ yang mengoleksi 47 poin di posisi kedua, gagal memepet Ajax (50 poin). Bahkan Ajax berpeluang besar memperlebar selisih poin karena hanya akan berhadapan dengan RKC Waalwijk di kandang sendiri.

Baca juga: Tumbangkan Heerenveen, AZ Alkmaar jaga jarak dari Ajax

Baca juga: Ajax terpeleset di kandang Groningen


Meski mendominasi penguasaan bola hingga 65 persen pada paruh pertama, nyatanya AZ tidak mampu melepaskan percobaan sepakan bola satu pun.

Permainan efektif justru diperlihatkan Twente dari lima tendangan mengarah gawang dua di antaranya sukses dikonversi menjadi gol pada babak pertama.

Gol pembuka Twente terjadi pada menit ke-25 lewat eksekusi tendangan bebas Giorgi Aburjania. Sepakan melengkungnya mengarah ke ujung kiri atas yang sulit diantisipasi kiper.

Berselang lima menit kemudian, Queensy Menig menggandakan keunggulan lewat aksi solo run-nya dari tengah lapang yang di akhiri sepakan mendatar ke kiri gawang.

Pada babak kedua pelatih Arne Slot menarik keluar Oussama Idrissi oleh Ferdy Druijf guna menambah daya gedor AZ. Namun kerja keras Myron Boadu dkk tetap tidak bisa mengejar ketertinggalan. Skor tetap 2-0 untuk kemenangan FC Twente.

Baca juga: 10 pemain PSV gagal pertahankan keunggulan atas Twente

Berikut susunan pemain:
FC Twente (4-3-3): Drommel; Troupee, Bijen, Pleguezuelo, Verdonk; Selahi (Jesse Bosch), Busquets, Aburjania; Meniq (Rafik Zekhnin), Vuckic, Noa Lang.
Pelatih: Gonzalo Garcia

AZ (4-3-3): Marco Bizot; Wijndal, Wuytens (Yukinari Sugawara), Leeuwin, Svensson (Zakaria Aboukhlal); Koopmeiners, Dani De Wit, Clasie; Oussama Idrisi (Ferdy Druijf), Myron Boadu, Calvin Stengs.
Pelatih: Arne Slot

Baca juga: FC Twente dihukum larangan tiga tahun ikuti kompetisi Eropa

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar