Liga Belanda

Tumbangkan Heerenveen, AZ Alkmaar jaga jarak dari Ajax

Tumbangkan Heerenveen, AZ Alkmaar jaga jarak dari Ajax

Penyerang AZ Alkmaar Myron Boadu saat melepaskan diri dari hadangan pemain Heerenveen dalam laga pekan ke-20 Liga Belanda di Stadion Abe Lenstra, Sabtu (26/1/2020). (ANTARA/Twitter/AZ)

Jakarta (ANTARA) - AZ Alkmaar berhasil menumbangkan tuan rumah Heerenveen dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-20 Liga Belanda dan membuat mereka kembali menjaga jarak dari sang pemuncak klasemen sementara, Ajax.

Kemenangan atas Heerenveen ini membuat selisih poin AZ (44) dengan Ajax (47) menjadi tiga angka. Namun Ajax berpeluang memperlebar jarak sebab mereka baru akan bertanding pada Minggu melawan Groningen, demikian catatan Liga Belanda.

Baca juga: Ringkasan Liga Belanda: Ajax mulus awali 2020 demi tegaskan keunggulan

Baca juga: Ajax kian mantap di puncak setelah tundukkan Sparta Rotterdam


Bermain di Stadion Abe Lenstra, AZ unggul lebih dulu lewat sontekan Dani de Wit pada babak pertama. Chidera Ejuke sempat membuat skor kembali imbang 1-1, namun sepakan Myron Boadu tiga menit berselang membuat AZ membawa pulang tiga poin.

Sejak sepak mula, kedua tim langsung berbalas serangan. Diawali serangan penyerang tuan rumah, Jens Odegaard yang sepakannya masih bisa diamankan Marco Bizot, dibalas Dani de Wit yang juga diselamatkan kiper Heerenveen.

AZ yang ingin terus menjaga jarak dengan Ajax berupaya mencetak gol lebih dulu lewat serangan bertubi-tubi lewat Stijn Wuytens dan Fredrik Midtsjo. Namun sepakan keduanya belum menemui sasaran.

Dani de Wit membuka keunggulan bagi AZ lewat sontekan memaksimalkan kemelut di dalam kotak penalti. Bola yang tak bisa di sapu bek Heerenveen mengarah ke Dani yang tinggal menyonteknya.

Hingga babak pertama berakhir, permainan menjadi milik AZ yang terus mengurung pertahanan tuan rumah. Meski begitu tak ada lagi gol tercipta.

Baca juga: Dipecundangi Sparta, AZ Alkmaar gagal ambil alih puncak klasemen

Selanjutnya babak kedua

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar