Jakarta (ANTARA) - Gelandang timnas Belanda Xavi Simons meninggalkan PSV Eindhoven untuk menyelesaikan transfernya kembali ke Paris St Germain (PSG), ungkap klub Eredivisie itu dalam sebuah pengumuman pada Minggu.

"Xavi Simons segera meninggalkan kamp pelatihan untuk menuntaskan transfer dengan Paris St Germain," kata PSV yang dikutip AFP.

Mantan pemain akademi Barcelona itu pindah ke PSV dengan kontrak lima tahun dari PSG tahun lalu setelah kontraknya habis.

"Pemain berusia dua puluh tahun datang ke PSV tahun lalu dan menjelma menjadi pemain penting dalam tim (mantan pelatih) Ruud van Nistelrooij," tambah klub.

Baca juga: PSG teken ikatan kontrak anak ajaib Belanda dari Barca

Simons dianggap sebagai salah satu 'berlian' dari akademi Barcelona, tetapi dia memutuskan untuk pindah ke Paris Saint-Germain pada 2019 sebelum melakukan debut profesionalnya pada 2021 dan memenangkan Ligue 1 serta Coupe de France.

PSG kemudian menjualnya ke PSV, dengan sang pemain menandatangani kontrak lima tahun pada 2022. Namun, PSG memasukkan klausul pembelian kembali senilai 6 juta euro (sekitar Rp100 miliar).

Simons membantu PSV finis peringkat kedua di Liga Belanda, membuat 34 penampilan, mencetak 19 gol dan mencatatkan delapan assist.

Dia telah memenangkan Piala KNVB, Johan Cruyff Shield dan penghargaan pencetak gol terbanyak Eredivisie selama waktunya di klub.

Baca juga: PSG rekrut gelandang belia Cher Ndour dari Benfica

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023