Jakarta (ANTARA) - Pemain muda potensial yang berposisi sebagai gelandang serang dari Paris Saint-Germain, Xavi Simons resmi menjalani masa peminjaman ke klub Liga Jerman yaitu RB Leipzig selama satu musim ke depan.

“Penyerang berbakat telah menandatangani kontrak pinjaman selama satu musim dari juara Prancis Paris Saint-Germain,” tulis pengumuman resmi klub, Rabu waktu setempat.

Masa peminjaman ini menjadi yang kedua bagi Xavi Simons setelah pertama kali dipinjamkan ke klub PSV Eindhoven pada 2022/2023.

Bersama PSV, masa peminjaman Xavi Simons berlangsung sangat luar biasa dimana pesepak bola 20 tahun itu mencetak 22 gol dan mencatat 12 assist dalam 48 pertandingan kompetitif, demikian dilansir dari Transfermarkt.

Ia mengakhiri musim sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Belanda bersama Anastasios Douvikas dari FC Utrecht dengan 19 gol.

Pada musim itu juga pemain tim nasional Belanda tersebut membantu PSV menyabet juara KNVB Cup dan piala Johan Cruyff Shield serta membawa timnya finis pada posisi kedua Liga Belanda 2022/2023.

Baca juga: Tinggalkan PSV, Xavi Simons kembali gabung Paris Saint-Germain

Ketika diumumkan sebagai pemain baru Leipzig, Xavi Simons mengatakan alasan kepindahannya ke klub yang berjuluk Die Bullen itu adalah karena salah satu tim terbaik di Eropa.

“Bundesliga adalah salah satu liga terbaik di Eropa dan RB Leipzig adalah salah satu tim terbaik di Bundesliga,” kata pesepak bola kelahiran 21 April 2003 itu.

Alasan kedua adalah karena Leipzig yang terkenal pandai memoles pesepak bola muda untuk menjadi handal.

“Datang ke Leipzig adalah langkah yang tepat bagi saya karena RBL terus menunjukkan bagaimana mengembangkan pemain muda dan sukses bersama mereka,” tambahnya.

Pesepak bola bertinggi 1,79 meter itu juga merasa terkesan dengan dengan pola permainan Leipzig yang diisi perpaduan pemain muda dan pemain senior.

“Saya bergabung dengan klub yang rutin bermain sepak bola Liga Champions. Skuad memiliki perpaduan sempurna dari banyak pemain muda dan berpengalaman, dan seluruh klub haus akan kesuksesan,” kata Xavi Simons.

Baca juga: Xavi Simons dikabarkan selangkah lagi menjadi pemain RB Leipzig

“Saya langsung terkesan dengan gaya permainan RB Leipzig dan saya sangat yakin bahwa kualitas saya akan cocok untuk tim ini dan kami dapat mencapai banyak hal bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur olahraga RB Leipzig Max Eberl mengatakan perekrutan Xavi Simons adalah karena sang pemain adalah pesepak bola muda berbakat yang mempunyai skill lengkap mengisi pos lini serang.

“Xavi bisa bermain di setiap posisi menyerang di belakang striker, sebagai nomor 10, sembilan palsu atau di sayap. Dia memiliki pemahaman yang sangat baik tentang taktik dan kemampuan teknis, dikombinasikan dengan kecerdasan, dan memberikan ancaman nyata pada gawang,” ucap Eberl.

“Dia gesit, suka menguasai bola dan memiliki akselerasi yang bagus. Dia banyak berlari dan selalu mencari umpan cepat,” pungkasnya.


Baca juga: PSG teken ikatan kontrak anak ajaib Belanda dari Barca

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023