Jakarta (ANTARA) - Ajax Amsterdam sukses melumat tim juru kunci RKC Waalwijk 3-0 dalam laga pekan ke-23 Liga Belanda yang berlangsung di Johan Cruijff Arena pada Minggu malam WIB.

Ajax unggul 1-0 pada babak pertama lewat sepakan dari titik putih Dusan Tadic, sebelum digandakan Lassina Traore dan Klaas Jan Huntelaar pada babak kedua.

Raihan tiga poin itu membuat Ajax (53 poin) kembali memperlebar jarak dengan AZ Alkmaar (47) yang pada pertandingan lebih awal kalah 0-2 dari FC Twente, demikian catatan Liga Belanda.

Sementara bagi Waalwijk, kekalahan ini semakin membuat mereka terbenam di dasar klasemen yang hanya mengoleksi 12 poin atau terpaut 12 poin dari zona aman. Kehadiran Alan Pardew sebagai arsitek anyar pun belum menunjukkan tanda-tanda kebangkitan.

Baca juga: PSV pecundangi ADO 3-0 untuk naik posisi tiga

Melawan tim juru kunci, Ajax langsung menunjukkan dominasinya lewat serangan dari Sergino Desk. Sayang sepakannya melebar tipis dari sisi kanan gawang Etienne Vaesse.

Ajax mendapat hadiah penalti pada menit ke-12 setelah Donny van de Beek dilanggar Hans Mulder. Dusan Tadic yang maju sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan peluang tersebut untuk membawa Ajacieden unggul 1-0.

Gol itu menjadi pelecut Ryan Babel dan kawan-kawan untuk terus membombardir pertahanan Waalwijk. Dalam tempo 15 menit mereka mampu menciptakan dua peluang berbahaya sepakan dari Ryan Babel dan Lassina Traore menyamping tipis.

Pada babak kedua, Ajax mampu menggandakan keunggulan lewat sontekan Lassina Traore enam menit setelah babak kedua dimulai. Berawal sodoran Donny van de Beek dari sisi kiri, Traore yang berlari tanpa pengawalan berarti tinggal meneruskan umpan Donny.

Sembilan menit berselang, Ryan Babel hampir memperbesar kedudukan jika sepakan kaki kanan melebar tipis di sisi kiri gawang Waalwijk. Sementara tim tamu kesulitan bahkan untuk melepaskan sepakan mengarah ke gawang.

Klaas Jan Huntelaar yang masuk pada babak kedua, membawa Ajax unggul 3-0. Skema gol ketiga Ajax hampir sama dengan gol kedua, saat Nicolas Tagliafico mengirim umpan silang yang tinggal disosor Huntelaar.

Baca juga: Kalah dari Twente, AZ gagal samai poin Ajax

Berikut susunan pemain:
Ajax (4-3-3): Andre Onana; Edson Alvarez, Lisandro Martinez, Tagliafico, Sergino Dest; Donny van de Beek (Jurgen Ekkelenkamp), Hakim Ziyech (Daley Blind), Carel Eiting; Dusan Tadic, Lassina Traore (Huntelaar), Ryan Babel.
Pelatih: Erik ten Hag

Waalwijk (4-3-3): Etienne Vaessen; Jurlen Gaari, Paul Quasten, Hannes Delcroix, Hans Mulder (Melle Meulensteen); Daan Rienstra, Ricvard van der Venne (Tijjani Reijnders), Clint Leemans; Emil Hansson, Mario Bilate, Sylla Sow (Stanley Elbers).
Pelatih: Fred Grim

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020