Sepak Bola Dunia

Presiden Porto benarkan kabar Iker Casillas segera pensiun

Presiden Porto benarkan kabar Iker Casillas segera pensiun

Iker Casillas bergabung ke Porto sejak 2015 dari Real Madrid.(Photo by Mutsu Kawamori/AFLO) (Mutsu Kawamori/AFLO/Mutsu Kawamori)

Jakarta (ANTARA) - Kiper legendaris Spanyol, Real Madrid dan Porto Iker Casillas akan segera pensiun setelah mengumumkan bahwa dirinya mencalonkan dirinya untuk menjadi presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), menurut presiden klub Porto Jorge Nuno Pinto da Costa.

Baca juga: Casillas resmi calonkan diri pimpin sepak bola Spanyol

Baca juga: Casillas tetap dimasukkan daftar pemain Porto


Casillas belum bermain sepak bola sejak ia mengalami serangan jantung saat berlatih dengan Porto Mei tahun lalu, tetapi kiper berusia 38 tahun itu tidak pernah mengumumkan bahwa ia telah pensiun.

Juara Piala Dunia 2010 itu disarankan untuk mengurangi aktivitas fisik dan telah menjadi staf pelatih Porto pada Juli setelah operasi jantungnya sukses.

Namanya kemudian dimasukkan dalam skuat Porto untuk musim 2019-20, tetapi pengumuman pencalonannya di Spanyol mengindikasikan bahwa ia akan pensiun dalam waktu dekat.

Meski Casillas sendiri belum berbicara secara terbuka mengenai pensiun, Pinto da Costa mengklaim sang pemain mengatakan kepadanya bahwa waktunya bermain sudah berakhir.

Casillas akan bersaing dengan presiden RFEF saat ini, Luis Rubiales untuk menduduki posisi tertinggi di sepak bola Spanyol.

"Saya sangat bahagia. Casillas memiliki sikap yang sangat menyentuh saya, karena sebelum mengumumkan pencalonan, ia memutuskan datang ke Porto untuk makan siang bersama saya dan mengatakan bahwa ia akan membuat keputusan itu dan mengakhiri kariernya," ujar presiden klub Portugal tersebut kepada wartawan yang dikutip Goal pada Rabu (19/2).

"Ia memiliki karier yang hebat, di mana ia hanya memperkuat dua klub dan kami tahu ia menyukai keduanya."

Casillas telah mencatatkan 167 penampilan untuk timnas Spanyol dan menjadi kapten saat negaranya mendominasi dunia sepak bola dengan menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008 serta 2012.

Ia dianggap salah satu pemain terhebat Real Madrid sepanjang masa dan bergabung dengan Porto pada 2015.

Baca juga: Dua bulan pascaserangan jantung, Casillas kembali gabung skuat Porto

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Membentuk generasi pemain bola yang sportif sejak usia dini

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar