Surabaya (ANTARA) - Persebaya Surabaya dilanda krisis lini belakang menjelang partai final Piala Gubernur Jawa Timur melawan Persija Jakarta di Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2).

"Stok pemain di lini belakang kami sekarang sangat terbatas dan siapa saja yang bermain tak ada kata tidak siap," ujar Pelatih Persebaya Aji Santoso kepada wartawan usai latihan di Surabaya, Rabu.

Baca juga: Persebaya tantang Persija di final Piala Gubernur Jatim

Dari sejumlah stok pemain belakang, tiga pemain sedang mengikuti seleksi untuk tim nasional yakni Hansamu Yama Pranata, Rachmat Irianto dan Koko Arya.

Kemudian, bek kanan Abu Rizal Maulana harus absen karena mendapat hukuman kartu merah saat melawan Arema FC di laga semifinal, dan bek kiri M Nasir diragukan tampil akibat cedera di laga sama.

"Nasir tadi latihan sendiri di tepi karena hamstring-nya kambuh. Kalau sampai jelang pertandingan tak ada perubahan, saya tidak akan memaksakannya bermain," ucapnya.

Praktis di barisan pertahanan hanya Arief Satria, Rizky Ridho, M Syaifuddin dan bek naturalisasi Zoubairou Garba yang siap ditampilkan mengawal gawang Rivky Mokodompit.

Sedangkan, nama bek kiri Abduh Lestaluhu sampai saat ini belum bergabung bersama tim.

"Saya sampaikan ke pemain, cara bermain Persebaya tidak boleh berubah dan warna Persebaya tak boleh berganti. Apalagi lawan Persija yang memang materi pemainnya bagus, tapi masih sangat terbuka lebar mengalahkannya," kata Aji Santoso.

Baca juga: Final Persebaya lawan Persija digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo

Sementara itu, di posisi lainnya Persebaya diprediksi tak mengalami banyak perubahan, hanya bek asing asal Australia Aryn Williams absen karena sedang menjalani masa pemulihan, serta Rendy Irwan yang minta izin mengikuti kursus kepelatihan.

Di barisan depan, diperkirakan David Da Silva masih menjadi kepercayaan dan dibantu Makan Konate, Mahmoud Eid maupun Irfan Jaya.

Persebaya lolos ke final Piala Gubernur Jatim setelah menjuarai Grup A dan mengalahkan Arema FC dengan skor 4-2 di babak semifinal.

Sedangkan, Persija selaku satu-satunya tim nirkalah di turnamen ini berhak tampil di partai puncak bermodalkan memimpin Grup B serta mengandaskan Madura United di semifinal dengan skor 2-1.

Babak final akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo dengan sepak mula pukul 15.30 WIB dan disiarkan langsung oleh televisi swasta nasional, MNCTV.

Baca juga: Panpel siapkan 24 ribu tiket final Piala Gubernur Jatim
Baca juga: Polda Jatim identifikasi pelaku kerusuhan suporter di Blitar
Baca juga: PSSI serahkan pengusutan kasus kerusuhan di Blitar ke Polri

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020