Kemarin, peningkatan keamanan kapal dan Freeport rogoh 600 juta dolar

Kemarin, peningkatan keamanan kapal dan Freeport rogoh 600 juta dolar

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas menyampaikan paparan dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (19/2/2020). Dalam RDP itu direksi PT Freeport Indonesia menjelaskan langkah korporasi pascadivestasi saham dan perkembangan pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.

Jakarta (ANTARA) - Pemberitaan ekonomi kemarin, Rabu (19/2) Kementerian Perhubungan tengah mencetak standard keselamatan kapal bertaraf internasional hingga PT Freeport Indonesia tahun ini akan mengucurkan dana sebesar 600 juta dolar untuk membangun smelter terbesar di dunia.

Berikut berita ekonomi pilihan yang masih layak disimak hari ini :

1. Kemenhub siapkan instruktur keselamatan kapal berstandar internasional

Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui lembaga Ship Safety Inspection Center of Excellence (SSI-COE) atau Pusat Unggulan Pemeriksaan Keselamatan Kapal menggelar pelatihan untuk 10 instruktur kapal senior guna mencetak instruktur di bidang keselamatan kapal berstandar Internasional.

Pelatihan yang dilaksanakan pada 17-21 Februari 2020 ini berlokasi di ITSAP SBC-TTF (Solid Bulk Cargoes–Testing & Training Facility) Tanjung Priok, yang merupakan fasilitas pengujian dan pelatihan kargo curah padat di bawah naungan Ditjen Perhubungan Laut.

Berita selengkapnya


2. Ekspor AC ke Nigeria, industri elektronik tembus pasar nontradisional

Kementerian Perindustrian mengapresiasi industri elektronik PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) yang berhasil mengekspor pendingin ruangan atau air conditioner (AC) ke Nigeria, yang merupakan salah satu negara tujuan ekspor nontradisional.

“Berkembangnya bisnis AC yang dapat bersaing di pasar global dan bisa masuk ke pasar nontradisional, juga menunjukkan komitmen PT PMI untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi AC di kawasan ASEAN,” kata Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin R Janu Suryanto lewat keterangannya di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya

3. Investor ingin angkut wisatawan pakai helikopter ke Gunung Rinjani

Airbus Helicopters Indonesia berencana menjalankan bisnis jasa layanan angkutan udara menggunakan helikopter bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Gunung Rinjani, di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), Dedy Asriady, di Mataram, Kamis mengatakan, perusahaan tersebut masih dalam tahap penjajakan dan belum memperoleh izin apa pun dari pemerintah.

Berita selengkapnya

4. "Marketplace" periklanan mulai dirintis di Indonesia

Marketplace periklanan mulai dirintis di Indonesia untuk membantu mempertemukan dan menghubungkan para pemegang brand (merk) dengan agency periklanan.

Chief Executive Officer PT. Kirbat Baru Indonesia, Yohanes Rocky, di Jakarta, Rabu, mengatakan pihaknya berupaya mengembangkan aplikasi periklanan berbasis e-commerce.

Berita selengkapnya

5. Freeport rogoh kocek sebesar 600 juta dolar, bangun smelter tahun ini

Untuk membangun smelter terbesar di dunia pada tahun 2020 PT Freeport Indonesia akan merogoh kocek sebesar 600 juta dolar AS hanya untuk tahap awal.

"Tahun ini 600 juta dolar AS belanja dan tahun depan 1 miliar dolar AS. Jadi tahun ini dan tahun depan besar," kata Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas usai RDPU di Komplek DPR, Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya
 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kapolda dan Pangdam tinjau lokasi penembakan karyawan Freeport

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar