counter

Tiga Menteri Terima Penghargaan Tokoh Perubahan Republika

Jakarta,  (ANTARA News) - Tiga Menteri Kabinet Indonesia Bersatu menerima penghargaan dari Harian Umum Republika sebagai Tokoh Perubahan.

Tiga menteri tersebut adalah Menteri Agama Maftuh Basyuni, Menteri Luar Negeri Nur Hassan Wirajuda dan Menteri Pertanian Anton Apriantono.

Mereka menerima penghargaan tersebut pada acara ulang tahun ke-16 koran Republika dan peluncuran kembali laman (situs) Republika Online di Jakarta, Jumat malam.

Menag Maftuh Basyuni bersama dengan lima tokoh lainnya dipilih sebagai Tokoh Perubahan Republika 2007 yaitu Ustadz Yusuf Mansur, artis senior Deddy Mizwar, dua penulis novel Andrea Hirata dan Habiburahman El Shirazy, serta tokoh pendidikan Ratna Megawangi, yang juga istri Meneg BUMN Sofyan Djalil.

Republika memilih Menag Maftuh Basyuni karena menilai kepemimpinannya dapat memperbaiki citra Departemen Agama, sedangkan Ratna Megawangi dipilih atas prestasinya mendirikan sekitar 700 TK (taman kanak kanak) Semai Benih Bangsa di seluruh Indonesia yang mengutamakan pendidikan karakter terhadap anak didiknya.

Menlu Hassan Wirajuda dan Mentan Anton Aprianto dipilih sebagai Tokoh Perubahan Republika 2008 bersama tiga tokoh lainnya yaitu Dirjen Pajak, Darmin Nasution, Direktur Utama Bank Muamalat, Ahmad Riawan Amin dan Ketua Komnas Anak, Seto Mulyadi.

Republika memilih Menlu Hasan Wirajuda sebagai Tokoh Pembaruan karena ia dianggap berhasil membawa diplomasi Indonesia ke dunia internasional, sementara Mentan Anton Aprianto terpilih karena berhasil membawa Indonesia untuk mencapai swasembada beras.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh dalam sambutannya menyampaikan penghargaan terhadap Republika yang dapat mempertahankan nilai-nilai kebenaran yang diyakini dalam pemberitaannya.

Dengan diluncurkannya kembali laman Republika Online, Menkominfo mengatakan Republika memasuki fase baru yaitu pemberitaan digital yang dituntut harus cepat dalam penyajiannya.

Pada kesempatan tersebut, Republika melakukan kerjasama dengan beberapa organisasi kemasyarakatan dalam pengayaan pemberitaan pada laman Republika Online.

Ormas tersebut yaitu Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah, Dewan Dakwah Islamiyah (DDI), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Badan Masjid Indonesia, Dompet Dhuafa dan Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah (PKES).

Pada acara tersebut hadir Meneg BUMN Sofyan Djalil, Ketua Umum Dekopin Adi Sasono, Dubes Arab Saudi, Dubes Iran, Dubes Lebanon, Dubes Australia, sedangkan dari pihak Republika hadir Direktur Utama PT Republika Media Mandiri Erick Thohir dan jajaran pimpinan perusahaan dan redaksi koran Republika.(*)

Pewarta: adit
Editor: Heru Purwanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009

Komentar