Jakarta (ANTARA News) - Hewlett Packard menguasai pasar workstation di Indonesia hingga 75 persen, sementara hingga kuartal ketiga 2008, penjualan workstation HP meningkat hingga 115 persen dibanding periode yang sama tahun 2007.

Besarnya pangsa pasar dan tingginya tingkat pertumbuhan HP, kata  Market Development Manager, Dekstop Workstation, Personal Systems Group, HP Indonesia, Cyntia Defjan, tidak terlepas dari pengalaman HP sejak tahun 1968 di dunia worstation serta beragamnya produk yang mampu memenuhi permintaan pasar.

Worstation pada dasarnya tidak berbeda dengan PC lainnya, hanya berbeda dalam sistem teknologinya yang sekelas server.

Untuk pasar Indonesia, saat ini HP mempunyai empat pilihan workstation dengan harga beragam dari yang termurah sekitar 2.000 dolar hingga 20 ribu dolar AS.

HP menawarkan berbagai keunggulan dari workstationnya seperti desainnya yang Toole Less untuk mempermudah upgrade maupun pada saat perbaikan karena tidak memerlukan alat bantu bongkar lagi.Pengguna tinggal membuka casing dan dengan mudah pengguna tinggal memasang device lainnya yang dibutuhkan.

HP juga merancang sistem di dalam casingnya yang memungkinkan suara yang ditimbulkan dari fan di dalamnya nyaris tak terdengar. Untuk tipe terbaru, HP memperkenalkan sistem pendinginan komputer berupa liquid.

HP juga mendesain workstation-nya sedemikian rupa sehingga memiliki tingkat kebisingan yang paling rendah serta tingkat perputaran udaha yang lancar dan mampu meminimalkan panas .

Fitur remote grapihcs software-nya juga memungkinkan pengguna bertukar data 3D dan bisa berkolaborasi secara real time. Namun fasilitas ini sangat tergantung dengan koneksi internet.

Menurut Cyntia Defjan, HP workstation saat ini digunakan oleh pengguna yang bekerja di industri-industri dengan tuntutan kebutuhan tinggi seperti graphic arts, broadcat/video post, enginering, keuangan dan eksplorasi minyak dan gas bumi.

Ia juga mengatakan berbagai perusahaan menggunakan produk ininuntuk merangcang berbagi produk dari sepati lari hingga mobil balap, karakter-karakter animasi hingga penggunaan di bawah laut dalam dan mengelola berbagai macam aktivitas dari sekuritas perdagangan bernilai miliaran dolar .

Salah satu perusahaan terkemuka yang menggunakan HP workstation untuk karya-karyanya yang populer dan mendunia adalah DreamWorks Animation. Perusahaan ini memanfaatkan keandalan HP Workstation untuk penggarapan animasi seperti Kungfu Panda, Madagascar, dan Shrek.

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009