Gresik (ANTARA News) - Kasus pencurian di Gresik makin marak belakangan ini, sehingga hampir setiap hari polisi menangkap pencuri, kata Kasatreskrim Polres Gresik Fadli Widianto, Kamis.

Kasus terbaru, petugas polres Gresik berhasil membekuk spesialis pencuri handphone (HP) setelah yang ke 32 kalinya ketahuan mencuri HP. Moh Rofii (30) warga Karangturi, Gresik harus digelandang di Mapolres Gresik.

Saat dimintai keterangan oleh petugas, tersangka mengaku nekad mencuri HP untuk bersenang-senang di lokalisasi.

Sasarannya sejumlah tempat kos di Desa Tenger, Desa Kedanyang, daerah keramat, Desa Pojok, Jl Kartini, dan Sunan Giri (Kebomas) serta Jalan Ibrahim Zakir. "Uangnya saya gunakan untuk bersenang-senang di lokalisasi," katanya.

Aksi Rofii digagalkan petugas ketika Kamis (12/2) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB di Moroseneng, Surabaya, berniat mencuri di kawasan kos Jalan Ibrahim Zakir 157, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Melihat salah satu pintu kamar yang ditempati Budi Santoso (23) penghuni kos, terbuka, tersangka langsung menjalankan aksinya. Dengan mudahnya pelaku mengambil HP Flexyphone 303NX berwarna silver yang diletakkan di lantai kamar beserta dompet berisi uang Rp50 Ribu. Maklum ketika itu korban sedang tertidur pulas.

Setelah berhasil menggondol barang milik Budi, pelaku langsung menjual barang curian tersebut ke seorang temannya Moh Fahit (25), warga Desa Sidokumpul, Gresik.

Namun keberuntungan tak memihaknya, dalam perjalanan di Jl Usman Sadar, Desa Karangturi, Gresik Rofii langsung ditangkap petugas Reskrim Polres Gresik yang sedang berpatroli. Rofii mengaku pencurian tersebut telah direncanakan.

Berdasar catatan bagian reskrim Polres Gresik, sebelumnya juga ditemukan kasus pencurian dua mobil Kijang. Salah satunya mobil plat merah milik sekretaris Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gresik yang digunakan Samsul Hidayat.

Mobil itu hilang saat diparkir di depan rumahnya di Jalan Banjar Baru I/46 kompleks perumahan Gresik Kota Baru.

Tidak jauh dari rumah Syamsul, di Jalan Banjar Baru I/22 mobil Suzuki Carry Careta warna biru metalik milik Eko (44) karyawan PT Petrokimia Gresik juga hilang.

Sabtu (7/2) malam kawanan pencuri juga menyatroni rumah Rahmat Susanto (38), warga Blok E9/18 dan Anis Ashar (36) di Blok E2/3 di Kompleks Perumahan Alam Bukit Raya (ABR) di Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas.

Pencurian juga menimpa Hasan Bisri (44) warga Jalan Sriwijaya Desa Gumeno Kecamatan Manyar Gresik. Selain uang tunai sebesar Rp55 juta, kawanan pencuri juga berhasil menggondol mobil Toyota Avanza warna silver BE 2789 AA milik korban yang diparkir di Multi Sarana Plaza Gresik Jalan Gubernur Suryo Kelurahan Lumpur.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009