Wali Kota: Sodetan ke Waduk Pondok Ranggon minimalkan banjir

Wali Kota: Sodetan ke Waduk Pondok Ranggon minimalkan  banjir

Waduk Jati Ranggon, Jakarta Timur, seluas 16,2 hektare yang diambil gambarnya melalui foto udara, Sabtu (29/2/2020). (ANTARA/HO-Sudinkominfotik Jaktim).

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Timur M Anwar optimistis pengerjaan sodetan saluran yang menghubungkan Waduk Pondok Ranggon dengan Kali Sunter dapat meminimalkan banjir di tiga kawasan.

"Sodetan ini sedang kita kerjakan. Dampaknya sejumlah permukiman di bantaran Kali Sunter seperti Halim Perdanakusuma, Cipinang Melayu, dan Pulogadung bisa di atasi banjirnya," katanya di Jakarta, Minggu.

Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI telah menyelesaikan pembuatan dua lokasi waduk di Kecamatan Pondok Ranggon dengan ukuran total 16,2 hektare.

Waduk tersebut diprediksi sanggup menampung debit air hingga 210 ribu meter kubik (m3). "Waduk ini diharapkan menjadi baskom air saat kita buat sodetan dari Kali Sunter. Saya lihat Waduk ini besar dan sanggup menampung," katanya.

Baca juga: TMA di Bendung Katulampa Bogor naik menjadi Siaga IV

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur, Santo mengatakan, sodetan saluran dari Kali Sunter menuju Waduk Pondok Ranggon akan dibuat sepanjang 15 meter dan lebar tiga meter.

"Saat ini sudah ada satu alat berat untuk membuat dua sodetan di Waduk Pondok Ranggon ini sehingga aliran Kali Sunter dapat ditampung di dalam waduk tersebut," katanya.

Melalui proyek itu  Santo berharap luapan air di hilir Kali Sunter bisa diminimalkan dengan adanya pengurangan debit setelah sodetan menuju Waduk Pondok Ranggon selesai dikerjakan.
Baca juga:
 "Diet" kantong plastik
Antara Interaktif Banjir Jakarta

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Banjir rob landa Penjaringan Jakarta Utara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar