Saya sarankan pengelolaan dan pengembangan sektor pariwisata dilakukan terpadu mulai dari pemerintah desa sampai kabupaten
Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Iskandar mendukung pembentukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pariwisata guna memaksimalkan pelayanan pengamanan kepada wisatawan.

"Saya mendukung penuh adanya Satpol PP Pariwisata dengan harapan mampu menjalankan tugas dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan," kata Iskandar di Sungailiat, Minggu.

Sektor kepariwisataan, kata dia, berpeluang besar dikembangkan karena Kabupaten Bangka memiliki banyak objek wisata termasuk wisata religi sebagai destinasi wisata bagi wisatawan Nusantara maupun mancanegara.

Baca juga: Mendagri dipastikan jadi inspektur upacara HUT Satpol PP di Mataram

"Saya sarankan pengelolaan dan pengembangan sektor pariwisata dilakukan terpadu mulai dari pemerintah desa sampai kabupaten, dan kami tetap akan mendukung program pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sementara itu Kepala Seksi Operasional dan Pengendalian (Opsdal) Satpol PP Kabupaten Bangka, Farid Alkindi mengatakan ada puluhan personel Satpol PP Pariwisata yang bertugas khusus memberikan penjagaan keamanan dan kenyamaan bagi pengunjung objek wisata yang tersebar di sejumlah tempat.

Selain memberikan pelayanan pengamanan bagi pengunjung objek wisata, personel Satpol PP Pariwisata juga diterjunkan pada saat ada kegiatan budaya yang diselenggarakan oleh kelompok masyarakat.

Baca juga: Mataram bersiap jadi tuan rumah HUT Satpol PP tingkat nasional

"Pembentukan Satpol PP Pariwisata membuktikan keseriusan pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata khususnya pengembangan daerah tujuan wisata," jelasnya.

Dia mengatakan seluruh personel Satpol PP Pariwisata memakai pakaian dinas khusus yang sudah diatur dalam ketentuan peraturan pemerintah untuk memberikan ciri khusus.

"Pakaian dinas yang dipakai mengedepankan ciri daerah atau kearifan lokal Cual Bangka, guna menghilangkan kesan seram, sekaligus mempromosikan ciri khas daerah," jelasnya.

Baca juga: Satpol PP Bantul bentuk "pasukan khusus" Praja Wibawa

Pewarta: Kasmono
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020