IBL

Govinda Pelita Jaya didenda Rp20 juta, dilarang main lima laga IBL

Govinda Pelita Jaya didenda Rp20 juta, dilarang main lima laga IBL

Pebasket Bank BPD DIY Bima Perkasa Black Ty Truman (kanan) berusaha menghalangi pebasket Pelita Jaya Bakrie Govinda Julian Saputra (kedua kanan) saat pertandingan seri kedua IBL Pertamax 2020 di GOR Ctra, Bandung, Jawa Barat, Minggu (19/1/2020). Pelita Jaya Bakrie menang atas Bank BPD DIY Bima Perkasa dengan skor 67-53. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/pras.

Jakarta (ANTARA) - Pebasket Pelita Jaya Bakrie Govinda Julian Saputra dijatuhi hukuman oleh Liga Bola Basket Indonesia (IBL) berupa denda Rp20 juta dan larangan tampil dalam lima pertandingan lantaran dinyatakan bersalah dalam laga hari pertama Seri V di GOR Jayabaya, Kediri, Jumat.

Seturut keterangan resmi IBL yang diterima di Jakarta, Minggu, Govinda kedapatan menyikut pemain Pacific Caesar Surabaya Yonatan.

Insiden itu terjadi pada sisa waktu tiga menit 53 detik kuarter ketiga pertandingan, ketika Govinda berusaha melepaskan diri dari penjagaan dengan sengaja menyikut Yonatan yang saat itu juga diganjar pelanggaran unsportmanlike oleh wasit.

Baca juga: NSH redam Hangtuah, Satria Muda menang perdana di Kediri

IBL lantas melakukan peninjauan ulang terhadap insiden itu bersama perangkat pertandingan dan wasit, yang menilai Govinda terlihat jelas melakukan tindakan tersebut dengan unsur kesengajaan.

Dalam insiden itu, Govinda didapati tak melihat ke arah bola melainkan ke arah Yonatan sebelum melakukan tindakan penyikutan ke bagian belakang lawannya tersebut.

Tindakan itu menyalahi Pasal 3 Ayat 2 IBL tentang sanksi dan peraturan khusus yang mengatur bahwa tindakan pemukulan, menendang, menyikut dan/atau bentuk tindakan kekerasan fisik lain yang dilakukan personel klub IBL walaupun tidak terlihat oleh wasit, tetapi terekam dalam video maka akan dikenai sanksi.

"Berdasarkan peraturan tersebut maka Govinda dikenai sanksi denda Rp20 juta serta lima kali larangan bertanding sejak surat keputusan ini diterbitkan," demikian pernyataan Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah.

Govinda menjalani hukuman larangan tampil pertamanya ketika Pelita Jaya mengalahkan Louvre Surabaya 80-76 pada hari terakhir Seri V IBL 2020 di GOR Jayabaya, Kediri, Minggu.

Baca juga: Amartha Hangtuah atasi Satya Wacana di IBL seri Kediri

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar