Kota Gaza (ANTARA News/AFP)- Lima warga Palestina tewas, Ahad ketika sebuah terowongan antara Mesir dan Jalur Gaza yang dikuasai ambruk dan menghantam mereka, kata para petugas medis.
    
Tidak ada rincian segera diperoleh mengenai para korban, kata mereka.
    
Warga-warga Palestina sering tewas akibat kecelakaan-kecelakaan  di ratusan terowongan yang terdapat dibawah tanah perbatasan Jalur Gaza dengan Mesir. Dalam insiden terbaru seperti itu 22 Februari akibat sebuah terowongan ambruk empat orang tewas.
    
Terowongan-terowongan yang menjamur di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir sejak Juni 2006, ketika para pejuang Gaza menangkap seorang tentara Israel dalam satu serangan lintas perbatasan yang menelan korban jiwa.
    
Sejak itu, tempat-tempat perlintasan perbatasan dengan Israel tetap sebagian besar tutup sementara satu tempat penyeberangan Rafah dengan Mesir adalah satu-satunya yang tidak melewati negara Yahudi itu.
      
Terowongan-terowongan itu digunakan untuk menyelundupkan senjata dan barang-barang ke wilayah yang sebagian besar ditutup oleh Israel kecuali untuk bantuan kemanusiaan kemanusiaan sejak Hamas, kelompok yang bertekad akan menghancurkan Israel, menguasai wilayah itu Juni 2007.(*)

Copyright © ANTARA 2009