Istanbul (ANTARA News/Reuters) - Polisi Turki menyelidiki pembunuhan tiga mantan komandan gerilya Chechnya di Istanbul dalam enam bulan terakhir, demikian dilaporkan surat kabar Vatan, Minggu.

Korban terakhir yang bernama Ali Osayev tewas ditembak di luar apartemennya di sebuah daerah pinggiran Istanbul pada Kamis, kata Vatan dan surat kabar Sabah.

Menurut laporan kedua surat kabar itu, Osayev berperang melawan pasukan Rusia di Chechnya, Rusia selatan, pada 1990-an dan datang ke Turki bersama keluarganya pada 2003.

Dua komandan lain separatis Chechnya tewas di kota itu dalam pola serupa dan dengan senjata serupa pada September dan Desember, kata laporan itu.

Polisi Istanbul menolak berkomentar mengenai pemberitaan tersebut.

Laporan-laporan itu mengatakan, kantor polisi di Istanbul telah membentuk sebuah satuan khusus untuk menyelidiki pembunuhan-pembunuhan tersebut dan badan intelijen Turki mengambil bagian dalam penyelidikan itu.

Vatan mengatakan, sekitar 500 orang Chechnya menjadi penduduk Istanbul berdasarkan wewenang khusus dari kementerian dalam negeri.(*)

Pewarta:
Copyright © ANTARA 2009