Pemeriksaan kesehatan untuk mengantisipasi bila ada pekerja terdeteksi penyakit menular
Meulaboh (ANTARA) - Sebanyak 45 orang tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di pelabuhan menjalani pemeriksaan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilayah Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat agar tidak terinfeksi virus corona (COVID-19) atau penyakit menular lainnya.

"Pemeriksaan kesehatan ini untuk mengantisipasi bila ada pekerja terdeteksi penyakit menular, khusus tenaga kerja bongkar muat pelabuhan,” kata petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Banda Aceh,dr Yunalis di Meulaboh, Jumat.

Menurut dia pemeriksaan para pekerja tersebut difokuskan ke sejumlah tes kesehatan diantaranya seperti pengukuran suhu tubuh, Tuberculosis (TB), pengecekan darah serta sejumlah pemeriksaan kesehatan lainnya.

Baca juga: Kantor Kesehatan Pelabuhan Denpasar antisipasi penyebaran pneumonia

Meski tidak memfokuskan pemeriksaan COVID-19, namun pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan terkait penanganan penyakit menular, termasuk virus corona.

Selain melakukan pemeriksaan para pekerja di Pelabuhan Meulaboh, tim KKP Meulaboh uga melihat kondisi sejumlah tenaga kerja asing (TKA) asal China yang sebelumnya pernah di karantina dalam lokasi pembangunan PLTU 3-4 Nagan Raya, Aceh.

Sementara itu, seorang pekerja yang ikut menjalani pemeriksaan kesehatan, Ibrahim berterima kasih atas pemeriksaan yang dilakukan tim KKP Meulaboh, guna memastikan kondisi kesehatan mereka.

Meski mengakui selama ini para pekerja pernah melakukan kontak langsung dengan Tenaga Kerja Asing (TKA) di dalam kapal saat bersandarnya kapal, namun pemeriksaan kesehatan memang harus dilakukan, katanya.

Baca juga: Cegah COVID-19, KKP perketat pengawasan penumpang Bandara Ngurah Rai

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020