Roma (ANTARA News) - Italia akan mengajukan diri menjadi tuan rumah Euro 2016, kata presiden federasi sepak bola Italia (FIGC) Giancarlo Abete, Senin.

"Italia akan menyampaikan deklarasi ketertarikan terhadap kejuaraan Eropa 2016 sebelum (batas waktu) 9 Maret," kata Abete dalam keterangan pers usai pertemuan dewan FIGC seperti diberitakan Reuters.

Ia mengatakan keputusan itu diambil setelah konsultasi baru-baru ini dengan pemerintah.Italia kalah dalam penawaran untuk Euro 2012 oleh Polandia dan Ukraina. Masalah hooliganisme di negara tersebut dilaporkan menjadi bagian yang patut disalahkan.

"Italia tertarik karena kami tidak bisa menjauhkan diri dari tantangan event-event besar internasional dan karena kami harus mengawali siklus yang memberi harapan bagi sepak bola kami," kata Abete kepada radio Rai pada Senin.

Pengumuman terjadi pada hari yang sama Skotlandia dan Wales membatalkan rencana untuk menjadi tuan rumah bersama Euro 2016 karena tuntutan finansial untuk turnamen yang diperluas itu.

Euro 2012 akan menjadi event terakhir yang menampilkan 16 tim setelah UEFA tahun lalu memilih untuk memperluas turnamen tersebut menjadi 24.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009